Uni Emirat Arab Rangkul Brazil Sukseskan Program Pemasaran Produk Halal Global

(gomuslim). Uni Emirat Arab (UEA) mempunyai tujuan untuk menjadi pusat dunia perdagangan halal dan membuat upaya untuk menyatukan prosedur pasar global. Hal ini dibahas dalam sebuah konferensi di Hotel Renaissance, Sao Paulo yang diadakan oleh Dubai Ekspor lembaga promosi dan Konsulat Jenderal Uni Emirat Arab di Sao Paulo pada pertengahan September 2016. Acara tersebut dihadiri oleh para eksekutif bisnis dari Brazil dan Dubai, pejabat pemerintah, dan delegasi dari asosiasi sektor dan lembaga lainnya.

CEO Dubai Exports Saed Alawadi membahas potensi pasar halal dalam pidatonya dan salah satu titik fokus dari diskusi yang diikuti adalah standardisasi global aturan pasar halal. Dubai ingin memimpin gerakan untuk mengembangkan norma-norma standar dan sertifikasi yang harus diikuti oleh semua negara di mana produk halal dikonsumsi. Katanya, saat ini, lembaga sertifikasi halal harus mendaftar di masing-masing negara yang mereka beroperasi di pasar global.

Salah satu pembicara, Presiden Federasi Asosiasi Muslim di Brazil (Fambras) Mohamed Zoghbi mengatakan ia mendukung inisiatif Dubai dan Brazil, produsen terkemuka dunia dari protein hewani halal yang harus bergabung dengan diskusi, serta semua pihak berwenang yang tertarik pada topik ini. Dia mengatakan Brazil telah membangun standar dan menyarankan bahwa mereka harus diadopsi secara global, karena mereka memenuhi persyaratan yang terlihat di seluruh dunia. "Kami memiliki standar rumit yang harus memenuhi tuntutan negara Islam," katanya.

Selain itu, publikasi Salaamgateway menyebutkan Dubai Islamic Economy Development Centre (DIEDC) mengembangkan strategi untuk bekerja dengan pasar halal yang berfokus pada tujuh bidang, yaitu  bahan makanan dan obat-obatan, desain, pengetahuan, keuangan, pariwisata, ekonomi digital dan standardisasi. Untuk produk dan jasa halal, yang dimaksud di program ini adalah yang diproduksi sesuai dengan syariah hukum Islam, begitu pun dalam melakukan penyembelihan hewan. Aturan ini dimaksudkan untuk melindungi kesehatan konsumen dengan berfokus pada kualitas produk dan kebersihan, karena itu barang halal juga dicari oleh non-Muslim.

Konferensi tersebut juga merupakan bagian dari misi Dubai ke Brazil, Paraguay dan Argentina dengan tujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan negara-negara ini. Dalam sebuah wawancara dengan ANBA, CEO Dubai Ekspor mengatakan delegasi yang datang ke Brazil termasuk eksekutif yang mencari untuk ekspor atau impor, untuk menarik investasi Brazil, dan untuk mencari peluang investasi.

Apalagi saat ini, UEA adalah salah satu mitra dagang di peringkat 20 teratas di Negara Brazil. Ini adalah misi keempat dari Dubai untuk Brazil. "Kami telah berhasil meningkatkan kesadaran dari Timur Tengah dari apa yang kita tawarkan. Salah satu tujuannya  adalah untuk merangkul Brazil dalam ekspor-impor ke Timur Tengah, dan juga untuk membantu UEA masuk ke pasar  perusahaan di Amerika Latin, “ pungkas Saed.  (fau/salaamgateway/dbs)

 


Back to Top