Nusa Tenggara Barat Jadi Tuan Rumah International Halal Travel Fair 2016

(gomuslim). Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Pameran Pariwisata Halal Internasional atau International Halal Travel Fair (IHTF) 2016 di Mataram. Pameran tersebut dibuka selama tiga hari, yaitu Selasa, Rabu, dan Kamis (20-22/08/2016). Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan pameran pariwisata halal ini merupakan yang pertama digelar di Indonesia. Pameran internasional ini bertujuan untuk memperkuat citra Lombok dan Sumbawa sebagai destinasi wisata halal utama Tanah Air. Selain bertujuan mempromosikan pariwisata halal di Nusa Tenggara Barat, pameran ini juga menampilkan produk kreatif lokal seperti makanan dan kerajinan tangan.

“Diperkirakan akan hadir sekitar 30 buyer dari luar negeri, 20 dari Malaysia, 3 dari Singapura, 2 dari India dan agen yang menjadi mitra bisnis dari timur tengah ke destinasi yang ada di Jakarta. Selain dari luar negeri dari dalam negeri pun akan hadir sebanyak 250 buyer, dalam acara IHTF ini nantinya akan dirangkai juga dengan Rakernas ASITA yang akan berlangsung di Lombok Raya Hotel dan acara ini nantinya akan diisi oleh expo untuk produk halal, kuliner dan juga produk destinasi halal, “ jelas Faozal.

Faozal menambahkan bahwa nantinya dalam acara ini juga akan ada sosialisasi Perda no. 2/2016, tentang pariwisata halal yang akan melibatkan 100 GM hotel yang tergabung dalam IHGMA, sekaligus menjadi bagian dari paket akselerasi branding halal untuk hotel dan restoran yang ada di Lombok.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Dewantoro Umbu Joka memperkirakan dari kegiatan yang baru pertama kali di selenggarakan di NTB itu, dapat terjadi transaksi mencapai Rp 11,4 miliar. Jumlah tersebut dihitung dari buyer yang akan mengikuti. Dewantoro juga menambahkan lewat kegiatan itu, diharapkan potensi pariwisata NTB semakin dikenal luas yang pada akhirnya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi tersebut.

"Melalui kegiatan ini semakin memperkuat branding pariwisata halal Lombok semakin dikenal, apalagi kita terus menjaring potensi wisatawan muslim dan Timur Tengah bisa berkunjung ke NTB," katanya.

Publikasi LombokInsider menyebutkan International Halal Travel Fair juga akan dihadiri oleh Singapura sebanyak 3 buyers, dari India sebanyak 2 buyers, dari Jakarta sebanyak 6 buyers, dan dari Timur Tengah sebanyak 5 buyers. Selain pameran wisata halal, acara lain yang berskala nasional adalah Rakernas Association of the Indonesian Tours Travel Agent (ASITA). (fau/dbs)

 


Back to Top