Bangun Ekonomi Umat, Majelis Taklim Wirausaha Gelar Pelatihan Masjid Mandiri

(gomuslim). Banyak cara dilakukan umat Muslim untuk berdakwah dalam kebaikan. Selain menyampaikan kebaikan lewat ceramah, dakwah juga bisa berlangsung dalam kegiatan sehari-hari, misalnya dalam mencari rezeki lewat jalan wirausaha. Hal tersebut dilakuakn oleh sebuah komunitas asuhan Ustadz Valentino Dinsi, yaitu Majelis Taklim Wirausaha (MTW). Program terbarunya adalah kegiatan membangun ekonomi umat Islam lewat wirausaha dan melibatkan Masjid.

Ustadz Valentino Dinsi menyampaikan ketika Rasulullah SAW. dan para sahabatnya dari kaum Muhajirin berhijrah ke Madinah, setidaknya ada tiga langkah awal yang dilakukan, yaitu membangun Masjid, mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan kaum Anshar dan mulai melakukan penguasaan pasar.

Pada era sekarang, Valentino mencontohkan gebrakan yang dilakukan Turki bisa dijadikan contoh bagi Islam di Indonesia. Untuk memajukan perekonomian negaranya, Presiden Erdogan membangun perekonomian umat dengan  memobilisasi 6,5 juta pengusaha dan mengirimkan mereka ke-93 negara untuk berkompetisi di dunia internasional. “Ketika mereka berhasil, mereka memasukkan uang mereka ke Turki untuk membangun Turki,” ujarnya.

Untuk di Indonesia, menurut dia, membangun perekonomian umat juga bisa dilakukan dengan berbasis Masjid. Sayangnya, selama ini belum dilakukan bahkan tabu dibicarakan di dalam Masjid.

“Inilah yang menyebabkan kami terpanggil untuk membangun ekonomi umat dengan menjadikan Masjid sebagai basis utama pembinaan umat sebagaimana di zaman Rasulullah SAW.,” ungkap Ketua Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) tersebut, seperti dilansir dari publikasi resmi MTW.

Sebagai langkah nyata untuk menjadikan Masjid sebagai basis ekonomi umat, Majelis Taklim Wirausaha (MTW) pada Sabtu (24/09/2016) mendatang akan menggelar Pelatihan Masjid Mandiri dengan tema “Ekonomi Berjamaah, Membangun Ekonomi Umat Berbasis Masjid” di Masjid Istiqlal, Jakarta. Pelatihan akan dimulai pukul 09.00 hingga Dzuhur.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangun ekonomi umat berbasiskan Masjid yang mencoba menyatukan umat Islam di bidang ekonomi agar umat dapat berperan kembali dalam membangun perekonomian dan mengejar ketertinggalan di bidang ekonomi dari umat lainya,” jelas Penulis Buku 7 Rahasia Kaya dan Sukses Abdurrahman bin Auf ini.

Valentino menjelaskan dalam pelatihan yang digelar pihaknya ini akan diajarkan bagaimana menggunakan Masjid sebagaimana fungsi Masjid di zaman Rasulullah SAW. Selanjutnya MTW Pusat akan membantu mengembangkan unit ekonomi di Masjid peserta hingga menjadikan Masjid mandiri dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Masjid.

Rencananya, pelatihan tersebut akan menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Ketua Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustaz Jazir ASP, Ketua JMPI sekaligus Pimpinan MTW Valentino Dinsi, CTO Masjid  M Firaz Fiashal dan Kasubid Pelatihan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Akbar Zainuddin.

Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tetapi, kata dia, bila peserta, Masjid atau perusahaan peserta memiliki kelapangan rezeki dapat berinfaq atau berpartisipasi dengan transfer melalui Bank BNI Syariah Ac.3000 700 806 a/n Valentino Dinsi QQ Majelis Ta’lim Wirausaha.

“Ini sebagai infak dan sedekah untuk bantuan operasional pengganti transport pembicara dari dalam dan luar kota, konsumsi peserta, serta publikasi dan dokumentasi,” paparnya.

Bagi para pengurus Masjid, pengelola pesantren dan ormas Islam yang berkeinginan mengikuti pelatihan dapat mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website reswi MTW, berikut ini: www.mtw.or.id/saatnya-bangkitkan-ekonomi-ummat. (fau/mtw)


Back to Top