Jamin Hak Asasi Beragama, Kini Pemerintah Nigeria Beri Izin Siswi Muslimah Berhijab di Sekolah

(gomuslim). Baru-baru ini, Muslim Nigeria telah mendapatkan hak mereka dalam menjalankan ajaran agama secara bebas dan aman. Pasalnya, Pengadilan Nigeria memutuskan bahwa siswi Muslim diperbolehkan mengenakan hijab di lingkungan sekolah. Keputusan ini sekaligus menggagalkan Peraturan pemerintah yang dinilai telah mendiskriminasi pelajar Muslim di negara tersebut.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Ali Gumel pada Juli 2016 lalu ini sangat membantu para Muslim Nigeria dalam menerapkan ajaran agama Islam. Publikasi The Muslim News menyebutkan bahwa hakim panel akhirnya memutuskan bahwa mengenakan hijab merupakan salah satu bentuk ibadah. Larangan terhadap siswi Muslim untuk berhijab di sekolah adalah pelanggaran jaminan hak asasi warga negara.

Penasihat dari pihak siswi Muslim Abdulganiyyi Adetola Kazeem mengatakan hijab merupakan hak bagi Muslimah yang diakui oleh konstitusi. “Dan tidak satupun baik pemerintah atau pihak lainnya yang bisa melanggarnya,” kata Kazeem.

Sebelumnya, diskriminasi anti-Muslim  telah meluas dalam bidang pendidikan Nigeria ketika Pemerintah menugaskan sebuah lembaga khusus untuk meninjau kurikulum sekolah. Langkah tersebut ditolak oleh Muslim Nigeria karena kurikulum baru merampas hak-hak mereka untuk menerima pendidikan agama secara penuh dan materi wajib di sekolah.

Dewan Agung Urusan Islam Nigeria ( Nigerian Supreme Council for Islamic Affairs/NSCIA) merasa prihatin atas kecenderungan meminggirkan Muslim dalam jabatan penting di lembaga-lembaga pemerintah federal. Menurut mereka, hal ini adalah kegagalan utama oleh semua aparat pemerintah dan tidak dapat diterima. Karena semua anak di Nigeria harus diberikan kesempatan penuh untuk menerima pelajaran dan pelatihan agama sampai setidaknya sampai akhir Sekolah Menengah.

Adapun jumlah muslim di Nigeria adalah sekitar 85.000.000 penduduk, sekitar 50% populasi Nigeria, jika dibandingkan dengan agama non muslim yang mewakili sekitar 50% dari populasi. Muslim di Nigeria didominasi Sunni mazhab Maliki  yang juga merupakan tata kelola hukum Syariah.  Islam datang ke Nigeria Utara pada awal abad ke-9 Masehi dan diterima di Kekaisaran Kanem-Bornu pada masa pemerintahan Humme Jilmi. Agama ini telah menyebar ke kota-kota besar dari bagian utara negara itu pada abad ke-16, kemudian pindah ke pedesaan dan menuju dataran tinggi Sabuk Tengah. (fau/dbs)

 

 


Back to Top