Rahaf Khatib Jadi Atlet Berhijab Pertama di Sampul Majalah Olahraga ‘Women’s Running’

gomuslim. Baru-baru ini, seorang atlet Muslimah telah membuat sejarah karena ia menjadi atlet pertama yang menggunakkan hijab di sampul majalah kebugaran Amerika Serikat. Dialah Rahaf Khatib, pelari maraton dari Michigan yang menjadi model sampul majalah Women’s Running. Muslimah berusia 32 tahun ini berasal dari Damaskus dan sudah tinggal di Amerika Serikat sejak tahun 1980. Saat ini Rahaf tinggal di Michigan bersama sang suami dan tiga anaknya.

Awalnya, Rahaf bisa menjadi model sampul majalah olahraga tersebut, ia mengirimkan email ke Editor in Chief Jessie Sebor. Dalam emailnya tersebut, Rahaf awalnya hanya bertanya tentang tidak adanya tema untuk atlet Muslim dalam konten majalah tersebut. Setelah melalui beberapa perbincanganm, akhirnya, Rahaf pun dihubungi tim konten majalah tersebut untuk menjadi model sampul Women’s Running  Magazine edisi Oktober 2016.

"Saya merasa harus mewakili orang-orang yang tidak terwakilkan (atlet muslimah). Saya ingin semua atlet muslimah bisa diterima masyarakat, karena semua orang punya hak yang sama tanpa melihat identitas, ras, bahkan agama. Misalnya dalam olahraga lari maraton, setiap atlet mempunyai kesempatan yang sama untuk menang sampai garis finish, “ jelas Rahaf, seperti dilansir dari publikasi Express Tribune.

Rahaf Khatib menambahkan bahwa meskipun ada banyak anggapan negatif terhadap Islam saat ini. Dia berusaha menampilkan hijab dan pekerjaannya selaku atlet pelari tersebut bisa merepresentasikan peran muslimah berhijab di mata masyarakat Amerika dan dunia.

Selain itu, sebelum menjadi model sampul majalah Women’s Running, Rahaf juga rutin melakukan kampanye di media sosial lewat akun instagram miliknya. Foto-foto yang ia unggah tersebut menampilkan seorang hijaber yang menjadi atlet lari. Lewat akun instagram bernama @RunLikeAHijabi, Rahaf menginspirasi wanita Muslimah lainnya untuk bangga berhijab dan terus berprestasi menjalankan aktivitas sehari-hari.

Meskipun mendapatkan banyak komentar terhadap kemunculannya dengan pakaian tertutup dan hijab di sampul majalah tersebut, Rahaf tetap percaya diri dan yakin bahwa keputusannya ini akan membuka mata dunia terhadap hijab. Komentar negatif dan postif terhadap figurnya yang sekarang mulai dikenal publik membuatnya semakin termotivasi untuk berprestasi di bidang olahraga lari. Akhir pekan ini, Rahaf Khatib akan mengikuti kompetisi lari maraton ke tujuh di Berlin. (fau/dbs)

 


Back to Top