Wisata Quran Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Kembang

gomuslim.co.id- Selain memiliki segudang tempat wisata kuliner yang tenar di kalangann wisatawan, kota Bandung juga menghadirkan banyak destinasi wisata yang mampu memberikan warna baru bagi kehidupan para pelancong. Beberapa destinasi yang ada di Bandung, di antaranya: wisata air, wisata sejarah hingga pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, saat ini Bandung kembali menyuguhkan satu destinasi wisata baru yakni Wisata Quran. Wisata Quran adalah salah satu destinasi wisata kebanggaan kota kembang Bandung. Kehadiran Wisata Quran ini langsung mendapat banyak pujian di kalangan masyarakat, termasuk dari Sang Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Destinasi wisata baru ini menggandeng Syaamil Quran sebagai Pusat Destinasi Wisata Quran sejalan dengan program dan konsep Pemkot Bandung, yaitu untuk menjadikan Kota Bandung sebagai pusat tujuan wisata yang beragam dan tematik. “Destinasi wisata tidak hanya pertokoan, tapi ke kampung-kampung, seperti dari kampung tematik di Kampung Dago Pojok yang khas dengan Kesundaan, Kampung Wayang di daerah Taman Hewan dan lain-lain. Juga pasar tematik mulai pasar Cihaurgeulis, pasar motor, pasar sepeda dan lainnya. Dengan demikian, ekonomi tersalurkan, kebanggaan, dan sebagainya,” ujar Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Program wisata religi ini diinisiasi oleh Syaamil Quran, sebuah penerbit dan percetakan Alquran terbesar di Indonesia. Syaamil Quran sebagai salah satu institusi yang peduli terhadap Alquran dan penyebarannya yang memiliki ide dan harapan untuk menghadirkan nuansa agamis di Kota Bandung.Wisata Quran ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang liburan bagi anak-anak dan keluarga. Pasalnya, anak-anak bisa dikenalkan dengan Quran sejak usia dini sehingga akan merangsang minat membaca Alquran mereka. Bukan hanya dikenalkan dengan tata cara pembuatan Alquran, para pengunjung juga akan lebih dikenalkan dengan sejarah Islam serta penyebarannya.

Pada program Wisata Quran ini, pengunjung akan diajak mengunjungi ruang kreatif tempat Alquran ini dibuat. Pada ruangan kreatif ini, mereka akan bertemu dengan para karyawan produksi, sebagian ada yang sedang me-layout naskah Alquran, memeriksa khat atau tulisan Alquran dan ada pula proses pembuatan gambar-gambar kartun untuk nantinya akan dibuat menjadi buku-buku cerita Islami. Selain itu, di ruangan tersebut pengunjung juga bebas bertanya kepada siapapun jika ada hal yang kurang dimengerti. 

Selain sebagai tempat wisata Quran, Syamil Quran juga dikenal sebagai perusahaan percetakan Alquran yang memiliki berbagai varian produk Alquran, seperti: Quran tajwid, yakni Quran untuk memudahkan umat belajar membaca Quran, dibantu dengan warna-warna khusus untuk memandu hukum-hukum tajwid, Quran tilawah, yakni Quran yang digunakan untuk tilawah dengan kemasan praktis agar bisa dibawa ke mana saja, Quran belajar, yakni Quran untuk kalangan pembelajar yang ingin mendalami hal-hal tertentu dari Alquran, misalnya Quran tafsiriyah perkata, Quran Ushul Fiqih, Quran untuk belajar membaca dengan transilterasi latin, Quran untuk wanita (special for woman), yakni Quran yang memuat materi-materi khusus tentang wanita dan keluarga, Seri Quran Cantik Azalia, yakni Quran untuk kaum wanita yang desain sampulnya dibuat stylish, bergaya, elegan, dengan bahan-bahan berkualitas seperti beludru, kulit, dan lainnya, serta Seri Quran kajian (Seri Miracle), yakni Quran yang dilengkapi berbagai kajian sebagai referensi bagi umat Islam dalam memahami, mendalami,dan mengamalkan isi Alquran. (Ari/dbs)


Back to Top