Ingin Sebar Perdamaian, Kepolisian New Jersey Belajar Islam dari Al Aqsa Community

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Departemen Kepolisian Plainfield, New Jersey dan Al Aqsa Community Center berhasil menjalin kemitraan strategis. Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat hubungan penegak hukum, umat Islam dan masyarakat di wilayah ini. Kedua institusi ini saling mengunjungi satu sama lainnya untuk mempererat kerjasama strategis. Kepala Kepolisian Painfiled, John Konopek dan Komandan Mike Novak telah lebih dulu melakukan kunjungan ke Al Aqsa Comunity Center di Plainfield. Hal itu diungkapkan oleh salah satu petinggi Al Aqsa Community Center, Imam Charles Muhammad. Selain itu, disusul oleh Sekretaris Jenderal Al Aqsa Community Muhammad dan Zulfie Khan yang mengunjungi para polisi di Pusat Penegakan Hukum Plainfield. Tidak hanya dari Al Aqsa Community, mereka juga didampingi oleh Direktur Gain Peace, Sabeel Ahmed yakni sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang Islam.

Dalam sambutannya, Ahmed mengaku sebelum datang ke Amerika Serikat pada 20 tahun yang lalu, ia berpikir semua orang di Amerika Serikat penuh dengan kekerasan, seperti yang disajikan di layar kaca. Namun, setalah pertemuan ini, ia menilai negara Super Power tersebut sama seperti mereka, sama-sama menginginkan perdamaian, ketenangan serta peningkatan kualitas hidup mereka. "Saya sadar kalau kita tidak harus menilai sesuatu berdasarkan persepsi yang disajikan media atau sumber lain," kata Ahmed seperti dilaporkan The Herald.

Ia menambahkan terdapat sejumlah kesalahpahaman umum tentang Islam dan Muslim, seperti halnya kekerasan dan pelecehan kepada kaum wanita. Padahal dalam Islam tidak diperolehkan laki-laki melakukan penyiksaan dan pelecehan terhadap kaum wanita. Bahkan, Islam melarang setiap pemaksaan dalam pernikahan. Bukan hanya itu, Ahmed juga sempat menunjukan sebuah presentasi dengan foto-foto wanita Muslim dari warna kulit dan negara yang berbeda, dan memenangkan Olimpiade 2016. Ia menekankan, bahwa masyarakat muslim tidak hanya berdasarkan dari satu warna kulit saja, namun juga universal, serta umat muslim juga ikut aktif dalam kegiatan sipil, dan Islam juga mengajarkan untuk membantu orang miskin.

Sementara itu, Petugas Kepolisian Plainfield yang hadir pun mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Ahmed dan kolega, seperti perbedaan pakaian dan cara mendekati Muslimah yang menjadi korban kekerasan. Menjawab pertanyaan tersebut, Sekjen Al Aqsa Community Center Muhammad menyarankan petugas untuk menghormati jilbab yang Muslimah kenakan. "Tapi, jika ada luka serius yang tengah diderita korban, mereka (Polisi) harus melakukan apa yang diperlukan untuk mengobati wanita itu," tandas Muhammad.

Al Aqsa Comunity Center merupakan komunitas yang mendukung komunitas muslim lokal dalam hal kebtuhan religius dan spiritual. Komunitas ini bertujuan untuk memberikan anggota mereka pendidikan agama yang baik serta kebutuhan sosial lainnya dan membentuk komunitas yang solid dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi masyakat umum. (ari/dbs)


Back to Top