Sasar Dakwah Untuk Anak Muda, Lembaga Dakwah Kreatif iHAQi Gelar Workshop Qiraat Bersama Artis

gomuslim.co.id- Lembaga Dakwah Kreatif iHAQi asuhan Ustadz Erick Yusuf menggelar program baru untuk menyasar dakwah kepada anak muda. Hal tersebut dilakukan dengan mengajak para artis bergabung di kegiatan-kegiatan dakwah yang berlangsung di Pesantren Kreatif Bandung, Jawa Barat. Salah satunya adalah dengan menggelar Workshop Qiraat pada Kamis (29/09/2016).

Workshop Qiraat yang dihadiri oleh banyak Majelis Taklim di kota Bandung ini, disampaikan langsung oleh Ustadz Endang Saefurohman selaku juara Qori Nasional. “Qira’at adalah perbedaan cara mengucapkan lafazh-lafazh Alquran baik menyangkut hurufnya atau cara pengucapan huruf-huruf. Sehingga Qira’at memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penetapan suatu hukum akibat perbedaan kata, huruf dan cara baca," kata Ustaz Endang.

Ustadz Endang menambahkan alangkah baiknya, Umat Islam lebih dalam memahami ilmu qiraat yang didasari oleh ilmu tajwid. Dengan begitu, pembacaan ayat suci Alquran dapat dilantunkan dengan sempurna.

Tak hanya itu, workshop kali ini menghadirkan talkshow dengan ngobrol santai bersama beberapa publik figur, membahas mengenai berbagi pengalaman mereka berinteraksi dengan Alquran.  Selain Ustaz Erick Yusuf yang menjadi narasumber, lainnya adalah Sarah Vi, Manik Laluna, dan Daan P-Project.

"Workshop ini dilaksanakan dengan berbagi pengalaman mereka berinteraksi dengan Alquran, pengalaman hijrah dan sebagainya yang akan memotivasi kita untuk lebih semangat dalam mempelajari Alquran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita," jelas ustaz Erick Yusuf dalam rilis yang diterima gomuslim.

Menurut Dai muda yang baru kembali dari Australia ini, Alquran adalah kitab suci bagi umat Islam. Alquran juga merupakan sumber hukum utama dalam ajaran agama Islam. Erick juga mengutip Hadits yang artinya berbunyi, “Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.”

Ustadz Erick Yusuf atau yang sering dikenal dengan Kang Erick Yusuf yang mendirikan sebuah lembaga dakwah bernama iHAQi. Seperti namanya, lembaga ini bertujuan untuk menegakkan agama Islam yang HAQ (yang benar) dengan cara-cara yang kreatif. Kepada gomuslim, Ustadz asal Bandung Jawa Barat ini bercerita bahwa pendirian iHAQi adalah untuk sebuah wadah dakwah yang terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung, yang punya visi dan misi yang sama, yang selalu mengambil intisari dari kebaikan dan memolesnya dengan baik dan rasa kasih sayang.

Cara-cara syiarnya pun beragam, tidak hanya bertausiyah di atas mimbar di depan para jemaah, tapi iHAQi juga membidik anak muda dengan beragam kegiatan, seperti  training multimedia, pembuatan t-shirt dakwah, program-program di  car free day, dakwah on the street, urban care, youth spirit dan lainnya. Ini lebih mirip dengan lembaga pesantren atau lebih dari itu karena bahkan dapat bekerja di wilayah paling dapat saat ini, yaitu di dunia maya.

“Lewat lembaga ini, saya ingin menunjukkan bahwa  agama itu terlihat indah, masuk ke dalam lifestyle kekiknian dengan nilai-nilai yang menyenangkan. Kenapa harus begini, karena masih banyak orang yang menilai bahwa agama itu menyulitkan, membebani,  yang gak asik, kuno dan lainnya. Semoga kita dapat tujuan utamanya, yaitu sharing atau syiar bagaimana menegakkan HAQ dengan cara-cara kreatif, “ jelas pemilik akun Twitter @erickyusuf ini. (fau/ihaqi)

 

Baca juga:

Ustadz Erick Yusuf: Untuk Generasi Baru, Bangun Pesantren Kreatif i-HAQi


Back to Top