Mahasiswa Muslim Ini Masuk Daftar Orang Paling Berpegaruh di London

gomuslim.co.id- Mahasiswa kedokteran Naveed Suhail Khan, pada Evening Standard 'Progress 1000’ namanya muncul dalam daftar orang paling berpengaruh London 2016. Ia masuk dalam kategori ‘Equality Champions’. Naveed dipilih karena dedikasinya untuk menciptakan masyarakat yang lebih setara. Komitmennya itu ia tunjukan dalam pekerjaannya sebagai kepala bagian tunawisma di Acts of Random Kindness project (ARK), sebuah kampanye yang dipelopori oleh King's College London Islamic Society (KCL ISOC).

“Semua yang saya lakukan semata-mata mencoba menjadi seorang Muslim yang baik, dan bangga rasanya ketika yang saya lakukan itu diakui dalam daftar paling bergengsi itu,” ungkap mahasiswa kedokteran di King’s College London. 

Kecakapannya sebagai ketua tim ARK dalam kurun waktu 2014-1016, Naveed kini memegang amanah memimpin  London Islamic Society, pun berkolaborasi mengerjakan hal yang serupa. 

Proyek ARK itu sendiri telah melakukan berbagai usaha untuk membantu tunawisma, termasuk mengadakan makan malam untuk para tunawisma, mendistribusikan ransel, dan memberikan produk sanitasi.

Kegiatan ini juga melibatkan relawan Islamic Relief, yang juga menyiapkan tim untuk penggalangan dana di daerah setempat, serta membantu penanggulangan bencana darurat. Seperti sebelumnya, proyek lain yang pernah dilakukan adalah kampanye 'Bake For Your Neighbour”, 'ARK Sweet Relief’ disela periode ujian kuliah, dan juga dengan hashtag #LittleARKs’ yakni kampanye membagikan secarik kertas di kampus yang isinya mempromosikan hal-hal baik secara acak.

Sebagaimana kegiatannya bersama KCL ISOC, Naveed juga dipercaya sebagai Direktur Nasional dari Charity Week UK, yang telah mengumpulkan dana sekitar £700,000 tahun lalu, dengan hampir 50 lembaga terlibat didalamnya. Peran Naveed sebagai direktur, melakukan pengawasan enam tim daerah yang berbeda di berbagai negara. 

"Di samping itu, semua uang yang dihasilkan dari proyek yang dilakukan oleh para rewalan ini, penggunaannya difokuskan pada bantuan untuk pembangunan berkelanjutan. Selain itu agar dana yang ada ini dapat dimanfaatkan oleh anak yatim dan anak-anak yang membutuhkan uluran tangan,” terang Naveed yang tengah mengambil gelar Master’s Degree,Global Health and Development di UCL London.  

Komitmen Naveed untuk menciptakan masyarakat yang lebih setara memang sangat kuat. Terbukti, ia pernah meraih Award of Appreciation for Outstanding Accomplishments as a Volunteer Islamic Relief UK 2014. Bahkan, ia pernah menerima berbagai tantangan menarik mulai dari bungee jumping, skydives dari atas pesawat, hingga mencukur rambutnya demi mengumpulkan dana amal. Keikutsertaanya pada kegiatan amal di King’s College mulai di tahun pertamanya kuliah, ketika ia terlibat dalam Charity Week ISOC, yang diadakan setiap tahun.

"Sebagai mahasiswa, hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah lulus dengan mendapat gelar. Segala yang saya lakukan ini, membuat saya memberikan sesuatu yang berarti pada tujuan hidup saya. Saya hanya berharap bahwa karya ini memotivasi orang lain untuk terus melakukan pekerjaan yang terbaik dan buatlah sesuatu yang beda,” papar Naveed yang juga pernah meraih Gold Crown King’s College. (iys/dbs)

 

 


Back to Top