Pospenas 2016

Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Jadi Ajang Para Santri Unjuk Gigi

gomuslim.co.id– Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) merupakan sebuah kejuaraan olahraga dan seni yang diikuti oleh para santri dari seluruh provinsi di Indonesia. Cikal bakal POSPENAS adalah dengan diselenggarakannya Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antar Pondok Pesantren se-Jawa di Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta Selatan pada tahun 1999. Pospenas untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2001 di Ma'had Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.
 
Untuk penyelenggaran di tahun ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan membuka acara Pekan Olahraga dan Seni ini untuk ke-7 kalinya. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Banten pada tanggal 22 hingga 28 Oktober 2016 mendatang.
 
“POSPENAS Insya Allah akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada 22 Oktober 2016, ” ujar Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin saat peresmian POSPENAS di Kantor Kementerian Agama Jakarta.
 
Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Pariwisata. Menteri Agama juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Banten atas kesediannya menjadi tuan rumah acara yang diadakan setiap tiga tahunan ini. Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Banten terus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk Pospenas ke-7.
 
“Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi Banten, semoga acara ini nantinya akan berjalan dengan sukses dan bermanfaat bagi semua,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
 
Sebelumnya POSPENAS ke-6 berhasil diselenggarakan di Gorontalo pada 24 – 30 Juni 2013. Kegiatan bertaraf nasional ini diharapkan bisa menjadikan para santri tidak hanya bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani, tapi juga bisa melahirkan atlet dan pelaku seni yang terbaik.
 
Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada tahun ini di POSPENAS meliputi cabang olahraga dan seni, di antaranya; Cabang olahraga atletik putra dan putri, bola voli beregu putra dan putri; bola basket beregu putra dan putri, tenis meja tunggal, ganda, beregu putra dan putri, pencak silat perorangan putra dan putri, futsal beregu putra, bulu tangkis tunggal, ganda, beregu putra dan putri, sepak takraw beregu, double event putra dan putri, senam santri 2010 beregu putra dan putri, serta hadang beregu putra dan putri dan panahan (exhibition). Sedangkan di bidang seni, para santri akan beradu seni musik dan fotografi Islami, kaligrafi, pidato tiga bahasa, seni teater, cipta puisi, hingga stand-up comedy.
 
Untuk tahun ini, POSPENAS ke-7 akan diikuti oleh 6.000 santri dari pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara untuk persyaratan peserta POSPENAS antara lain, berusia 12 sampai 18 tahun dan mukim di pondok pesantren dan dinyatakan lulus verifikasi keabsahan kepesertaan. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Agama bersama sejumlah Kementerian yang telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan antara Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Dalam Negeri yang tergabung dalam Panitia Kerja Tetap Nasional (Panjatapnas). (ari/dbs)

 


Back to Top