Kembangkan Pariwisata Halal, Taiwan Undang Travel Muslim Indonesia ke Ajang ‘Moslem Famtrip 2016’

gomuslim.co.id- Tahun ini, Taiwan sedang gencar dengan promosi produk halal demi menggaet konsumen Muslim. Selain aktif melakukan inovasi di bidang pariwisata halal, Taiwan juga mulai menggelar berbagai event seperti seminar dan pameran. Salah satunya yang akan berlangsung November 2016 mendatang. Pameran bertajuk Taiwan Moslem Famtrip 2016 ini akan berlangsung di Taipe, Taiwan mulai tanggal 9 sampai 16 November 2016.

Pada event ini, Taiwan mengajak kerjasama kepada  Indonesia. Adapun, Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) dipercaya Badan Pariwisata Muslim Taiwan menjadi koordinator travel Muslim Indonesia untuk mengikuti event tersebut.

Chairman IITCF Priyadi Abadi dalam rilisnya mengatakan IITCF ditunjuk oleh Travelmate Vacation Expert yang mewakili Asosiasi Travel Agent di Taiwan untuk menjadi koordinator peserta Taiwan Moslem Famtrip 2016. Kata Priyadi, Indonesia mendapatkan jatah 200 agen travel, yang terdiri dari travel umum dan travel Muslim, serta media dari seluruh Indonesia.

“Biaya untuk mengikuti Taiwan Moslem Famtrip tersebut hanya 300 dolar AS, sudah termasuk tiket pesawat, hotel, makan dan visa. Tiap travel hanya boleh mengirimkan delegasi satu orang,” jelas Priyadi.

Selain itu, tambah Priyadi, latar belakang Famtrip tersebut adalah untuk mendorong pemberitaan kepada wisatawan Indonesia mengenai penghapusan visa Taiwan yang sudah diberlakukan sejak November 2015 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Terkait penunjukan sebagai koordinator travel Muslim Indonesia tersebut, kata Priyadi, IITCF menunjuk Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Mutaqien Surabaya KH Ahmad Sofwan Ilyas Lc menjadi pimpinan rombongan delegasi Indonesia yang akan mengunjungi Taiwan Moslem Famtrip 2016.

“Pak Kiai Ahmad Sofyan Ilyas telah menyatakan kesediaannya untuk memimpin rombongan travel Muslim dari Indonesia guna mengikuti Taiwan Moslem Famtrip 2016,” ungkapnya.

Menurut Priyadi, event Taiwan Moslem Famtrip 2016 ini sangat penting khususnya bagi para travel Muslim. “Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi para travel Muslim untuk menggarap rute wisata Taiwan Muslim,” kata Priyadi Abadi.

Taiwan kini terlihat semakin serius menggaet wisatawan Muslim. Hal tersebut terlihat dari data Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta mencatat saat ini di Pulau Formosa ada 87 rumah makan dan lembaga wisata yang telah mendapat sertifikat halal. Bahkan, Biro Pariwisata Taiwan telah menyediakan tempat ibadah, kamar kecil, serta sarana lainnya di 13 kawasan wisata alam Taiwan sehingga kaum muslim yang ingin berwisata ke pulau ini mendapatkan kenyamanan, ketenangan, dan keamanan.

Tidak hanya itu, publikasi The Straits Times menyebutkan selain bebas visa, Taiwan berencana untuk menyediakan ruang shalat di hotel dan restoran halal. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ibadah umat Muslim. Kementrian Pariwisata Taiwan berharap dapat mempromosikan pulau tersebut sebagai tujuan yang menarik bagi wisatawan Muslim. Mereka melakukan promosi pemasaran di Kuala Lumpur bekerja sama dengan agen tur Malaysia. Mereka juga telah membuat iklan yang disebarluaskan di media lokal Singapura untuk mengenalkan Taipei kepada wisatawan Muslim. (fau/dbs)

Baca juga:

Pikat Wisatawan Muslim, Taiwan Serius Kembangkan Wisata Halal

 

 

 

 


Back to Top