Makin Populer, Fashion Muslim Jadi Primadona Industri Baru di Turki

gomuslim.co.id– Negara Turki menjadi negara yang sangat unik karena menjadi pembatas antara dua benua yakni benua Asia dan benua Eropa. Bukan hanya itu, Turki yang dulu sempat menjadi anggota benua Asia ini juga memiliki kebudayaan yang unik, yakni percampuran antara budaya Eropa dan Asia.
 
Selain itu, Turki juga dikenal dengan jumlah penduduk muslim yang banyak, bahkan menjadi salah satu yang terbanyak di Eropa. Islam adalah agama terbesar di Turki sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah menguasai Turki pada tahun 1400-an pemeluk Islam di Turki semakin banyak. Kini sekitar 99,8% penduduk Turki adalah Muslim,
 
Karena mayoritas penduduk mereka adalah umat muslim, berbagai macam tata busana yang bertemakan muslim juga semakin berkembang di negara yang kini menjadi bagian dari benua Eropa tersebut. Muslim Fashion telah memberi warna baru bagi industry fashion di dunia dalam beberapa tahun ini.
 
Banyak Negara yang aktif memproduksi modest wear ala muslim fashion dengan beragam inovasi juga kreativitas dari kekhasan masing-masing Negara, termasuk Indonesia. Tapi, baru-baru ini, Dubai dan Turki tercatat sebagai dua negara yang paling banyak berbelanja muslim fashion dengan kualitas tertinggi di dunia. Fakta ini menunjukkan ada oportunitas besar di dunia fashion Islami yang sekelas houte couture.
 
Saat ini, Istanbul memposisikan diri mereka sebagai Hub di industri yang baru lahir ini, yang nilai bisnisnya bisa mencapai hampir $ 500 juta dalam beberapa dekade. Hal ini bisa dilihat dari modanisa, yakni salah satu toko pengecer online pakaian musim di Turki. Mereka memulai bisnis pada tahun 2011 lalu dan kini telah menjadi salah satu nama besar di pasar mode Turki. Bahkan, mereka kini telah memiliki 30 ribu jenis pakaian mulai dari tunik katun hingga pakaian olahraga dan sepatu.
 
Perusahaan juga menyebut bahwa mereka merupakan e-commerce pertama di Turki yang menyediakan busana long dress yang simpel namun tetap modis. CEO mereka Karin Ture menjelaskan bahwa penetrasi fashion muslim di Turki sedang berkembang pesat. Apalagi dengan mayoritas penduduknya beragama muslim.
 
“Ini yang terjadi di Turki, di mana 99 persen penduduknya beragama muslim, kami juga masih bertanya-tanya, apakah hal ini juga terjadi di belahan dunia lainnya,” ujar Ture.
 
Perkembangan pesat fashion muslim di Turki juga terlihat dari pekan mode yang beberapa lalu digelar di Istanbul Turki dan belum lama ini, merek ternama asal Italia, Dolce & Gabbana telah merilis sebuah jilbab pertama mereka dengan beberapa bermotif mewah untuk menyasar pasar Timur Tengah dan Turki. Turki juga telah mencabut larangan lama mengenakan jilbab di lembaga-lembaga negara. Bulan lalu, pemerintah juga telah mengizinkan polwan untuk mengenakan jilbab di bawah topi resmi mereka atau baret untuk pertama kalinya. (ari/dbs)
 
Baca juga:
 

Back to Top