World Halal Day Meriahkan Peringatan 100 Tahun Islam Di Kroasia

gomuslim.co.id- Kroasia mengadakan World Halal Day (WHD) 2016, dalam rangka memperingati 100 tahun Islam diakui secara kelembagaan di Negara yang terletak di Eropa bagian tenggara tersebut. Acara internasional pertama di Kroasia ini diadakan pada tanggal 2-4 November 2016 di Opatija, Kroasia. Adapun penyelenggaranya yaitu Center for Halal Quality Certification bekerja sama dengan United World Halal Development Organization.

Acara ini merupakan rangkaian pameran sebelum diadakan di Singapura dan India. Mengingat potensi besar industri halal yang memegang peranan penting, tidak hanya di Kroasia namun secara global. Maka, WHD untuk pertama kalinya akan menyajikan tren terbaru dari pangsa pasar halal. Yakni berkaitan dengan pariwisata halal, makanan dan minuman halal, nutrisi halal, farmasi, industri kosmetik, dan tentu saja keuangan Islam dengan mengutamakan pokok-pokok syariah.

Kegiatan ini merupakan ajang yang sangat besar untuk membuka peluang bagi perkembangan industri syariah di dunia. Ajang inilah sebagai wadah yang tepat untuk mengenalkan tentang tren terbaru pada pangsa pasar yang sangat menguntungkan ini.  Lebih jauh, orang-orang yang menghadiri acara ini adalah produsen, penyedia jasa, lembaga sertifikasi, agen perjalanan, dosen, penelitian ilmiah, organisasi non-profit, bisnis dan manajemen, hotel eksekutif, masyarakat, dan otoritas pemerintah, bankir, dan, lembaga keuangan. Tentu saja bagi pembeli dan pengunjung perdagangan.

World Halal Day menyajikan peluang besar untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan sosial melalui banyak hal. Yakni, Produk dan layanan tempat dan Pemeran, Pertemuan bisnis dan jaringan, penggalangan dana dan inisiatif bertanggung jawab sosial. Disamping itu ajang ini dimanfaatkan sebagai promosi potensi dan inovasi dalam penawaran produk, melakukan interaksi dengan pembeli kunci. Bisa juga dilakukan presentasi program pendidikan baru, dan menjelajahi destinasi halal yang baru.

Sementara itu, World Halal Day menyajikan beberapa fakta pasar halal Muslim. Pertama, Pertumbuhan pasar global halal mencapai $2 Trilyun pertahun  mencakup seluruh sektor industry, yaitu, makanan, obat-obatan, dan kosmetik, pariwisata dan perbankan Islam. Kedua, pangsa pasar untuk belanja makanan Muslim diharapkan terus meningkat hingga $2,537 milyar pada tahun 2019 dan akan tercatat  21,2%  dari pengeluaran global.

Selanjutnya yang ketiga adalah pertumbuhan bidang keuangan Islam di masa depan akan didukung dan tunduk pada investasi syariah dalam industri pariwisata. Keempat, wisata halal yang ramah harus berkualitas dengan standar internasional, hal itu sangat berperan penting agar pariwisata halal menjadi bagian dari sesuatu yang berarti bagi keseluruhan industri pariwisata, mewakili 12% dari pengeluaran pariwisata global. Sedangkan yang kelima, industri halal membuat dampak pada perekonomian global yakni lebih berkembang dan membuka jalan untuk menjadi pasar global  yang baru daripada sebelumnya.

World Halal Day Kroasia benar-benar menawarkan peluang bisnis yang brilian. Bergabung dalam ajang ini, Muslim negara tersebut merayakan kelahiran Islam melalui kegiatan yang berarti, salah satunya dengan menunjukan bahwa destinasi pariwisata halal yang ramah menjadi tujuan di seluruh dunia.  (iys/dbs) 


Back to Top