Muslim Inggris Adakan Pelatihan Penyelamatan Hidup Di Sejumlah Masjid

gomuslim.co.id- Green Lane Masjid, Burmingham, Inggris, bekerja sama dengan British Islamic Medical Association’s (BIMA) mengadakan Lifesavers project, (24/9). Yaitu, sebuah proyek berupa pelatihan penyelamatan melalui  Cardiopulmonary resuscitation (CPR) yang merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Hebatnya, kegiatan ini akan dilakukan rutin di sejumlah Masjid .

Hari itu Green Lane Masjid membuka pintu mereka kepada ribuan orang sebagai bagian dari proyek BIMA, pelatihan CPR. Kegiatan yang berkolaborasi dengan British Heart Foundation (BHF) dan Muslim Council of Britain (MCB) ini, sekarang memasuki tahun ketiga. Pelatihan ini pun melibatkan ratusan relawan profesional kesehatan Muslim.

“Tim kami yang meliputi dokter dan mahasiswa kedokteran mendedikasikan kegiatan ini untuk bisa memberikan lokakarya interaktif dan mengajarkan Life Support Basic (BLS) di 35 masjid di lebih dari 20 kota di seluruh Britania Raya yang mencapai 1000 orang perhari,” kata Dr Wajid Akhter, BIMA Lifesavers Direktur Program.

Lebih lanjut, Dr Wajid Akhter mengatakan, "Di Inggris 80% dari serangan jantung terjadi di rumah, dan kelangsungan hidup rata-rata sekitar 8%. Negara-negara lain telah menunjukkan bahwa dengan pendidikan CPR publik yang efektif, kelangsungan hidup meningkat menjadi lebih dari 25%. Dengan lebih dari 23.000 kasus dari rumah sakit serangan jantung terjadi setiap tahun di Inggris, Karena itu dengan pelatihan CPR sederhana ini, maka dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa.

Sementara itu, Harun Khan, Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif yang sangat bagus, sehingga memungkinkan masjid dan pusat Islam baik di kota maupun di pedesaan dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas. Jadi, tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi untuk menjadi penyedia layanan untuk semua lapisan masyarakat. “Dengan mempelajari keterampilan menyelamatkan nyawa bersama-sama melalui inisiatif lintas agama benar-benar menangkap esensi kesatuan, dengan demikian masyarakat dapat belajar dan datang bersama-sama untuk menyelamatkan nyawa,” tukasnya.

Green Lane Masjid sendiri bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai komunitas center. Sehingga, banyak melakukan kegiatan positif untuk kemaslahatan umat. Sedangkan, BIMA merupakan organisasi Muslim yang berbadan hukum nasional dan memiliki lebih dari 500 afiliasi nasional, baik regional maupun lokal, meliputi masjid, amal, dan sekolah. Program yang dilakukan BIMA ini telah berada di trek yang benar. Menurut Harun Khan, kelak organisasi Muslim ini akan menjadi yang terbesar, bebas, terakreditasi yang dikenal dengan program pelatihan bantuan hidup dasar nasional di negeri ini. Pada akhirnya akan menjadikan Inggris sebagai bangsa penyelamat. (iys/muslimcouncilofbritain)

 


Back to Top