Perusahaan Pengembang Industri Halal Ini Raih Global Islamic Finance Award 2016

gomuslim.co.id– Sebuah badan di bawah Departemen Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia yakni Halal Industry Development Corporation (HDC) berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Global Islamic Finance Award (GIFA) beberapa waktu lalu. HDC berhasil menggondol penghargaan Halal Industry Development Award pada ajang yang dihelat di Jakarta tersebut.
 
Chief Executive Officer dari HDC Jamil Bidin mengatakan bahwa penghargaan tersebut semakin menegaskan kehandalan HDC dalam membina usaha halal di Malaysia. “Penghargaan ini merupakan pengakuan dari dunia internasional atas usaha HDC dalam mengembangkan industri halal di Malaysia,” ujarnya seperti dilansir dari MalaysiaKini (4/10).
 
Ia menambahkan, bahwa Pemerintah menyadari peluang yang sangat besar pada industri halal dunia. Sejak tahun 2006 silam, yang juga merupakan awal didirikannya HDC, mereka bekerja tidak kenal lelah dalam mengembangkan industri halal Malaysia sampai dengan saat ini.
 
"Kami memulai dengan Halal Industry Development Master Plan (HIMP) 2008-2020, yang bertujuan untuk mendorong industri halal sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk diversifikasi kegiatan ekonomi kita, " tambah Jamil.
 
Didirikan pada 18 September 2006, HDC saat ini mengkoordinasikan pengembangan keseluruhan industri halal di Malaysia. Mreka saat ini berada dibawah lembaga Kementrian Perdagangan dan Industri Internasional (Miti). Dia juga mengatakan, perlu juga diberikan kredit kepada mantan perdana menteri Abdullah Ahmad Badawi, yang berperan penting dalam memberikan kepemimpinan untuk mempromosikan agenda halal di Malaysia dan juga di seluruh dunia.
 
Jamil menambahkan Malaysia dan HDC tidak akan beristirahat pada apa yang mereka capai saat ini dan akan terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor halal dan mengintensifkan tinggi kegiatan bernilai tambah dalam industri. Ia menegaskan, bahwa Negara mereka melihat potensi ekonomi halal sangat dini, dan selama beberapa dekade telah mendorong ekosistem halal yang telah menempatkan Malaysia di garis depan pada perkembangan industri ini.
 
Selain itu, Malaysia juga berkomitmen dalam mengejar agenda halal, hal ini terlihat dari pembentukan Dewan Halal Nasional yang dikepalai oleh Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi.
 
"Pendekatan kami adalah holistik, misi kami adalah tunggal yakni untuk membuat Malaysia menjadi Halal Hub global terkemuka.Menerima penghargaan ini begitu banyak berarti sebagai HDC yang juga tengah merayakan ulang tahun ke 10 tahun ini, "tambah Jamil.
 
HDC sendiri berfokus pada pengembangan standar halal, branding dan promosi, serta pengembangan komersial produk dan jasa yang bersertifikat halal. Selain memiliki misi untuk menajdikan Malaysia sebagai Hub Halal Global, HDC juga berfokus untuk meningkatkan segmen halal sebagai standar pilihan masyarakat. HDC juga merupakan perusahaan pengembangan industri halal pertama yang mendapat dukungan dari Pemerintah di dunia untuk mengkoordinasikan pembangunan yang komprehensif dari industri halal tersebut. (ari/dsb)

 


Back to Top