Mobile Masjid Jadi Inovasi Kekinian Tempat Shalat Keliling

gomuslim.co.id- Yayasan Masjid Nusantara (YMN) bekerja sama dengan Adira Insurance Syariah membuat inovasi terbaru dengan meluncurkan Mobile Masjid di Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Masyarakat sangat antusias dan mengapresiasi ide kreatif ini. Mobile Masjid adalah sebuah kreasi yang lahir dari pemikiran, bahwa masyarakat membutuhkan fasilitas shalat ketika berada di lokasi yang jauh dari masjid atau mushola, seperti di lokasi bencana, acara publik di suatu tempat, atau di tempat rekreasi.

“Alhamdulillah, unit kedua yang dimiliki Mobile Masjid ini merupakan persembahan dari Adira Insurance Syariah yang nantinya akan dikelola YMN. InsyaAllah bisa menjadi pahala yang tak terputus selama Mobile Masjid ini beroperasi membantu umat muslim menjalankan ibadah,” terang Direktur YMN Hamzah Padri dalam acara peluncuran Mobile Masjid di Jakarta

Mobile Masjid sendiri dibuat dari mobil yang dimodifikasi. Pada unit mobil yang wara wiri di Jakarta menurut Hamzah, memiliki ukuran lebih besar dari mobil yang pertama. Bahkan mobil kedua ini modifikasinya terlihat rapi dan luas. Sehingga mobil ini dapat menampung 20 orang untuk shalat di atasnya. Selain itu, Mobile Masjid menyiapkan 15 gulung karpet agar sewaktu-waktu dapat dipergunakan untuk 100 orang. Kemudian, alat shalat seperti sarung dan mukena juga telah tersedia dalam mobil tersebut. Bahkan mobil ini menyediakan fasilitas wudhu, yakni dengan adanya tangki berkapasitas 500 liter air, yang diletakan di bagian belakang mobil.

Yayasan Masjid Nusantara adalah Yayasan yang memiliki fokus dalam pembangunan dan pemberdayaan masjid di Indonesia. “Tujuan kami untuk menghadirkan Masjid yang aman dan nyaman. Disamping itu, kami, melakukan pemberdayaan masyarakat untuk memakmurkan masjid. Sejak didirikan pada tahun 2012 lalu, YMN, telah membangun 40 Masjid yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” jelas Hamzah.

Lebih lanjut, Hamzah mengungkapkan bahwa Mobile Masjid adalah program lanjutan dari YMN untuk menyediakan fasilitas shalat di mana pun dan kapan pun. Sejak pertama kali Mobile Masjid terealisasi di Bandung, Jawa Barat, mobil ini telah memberikan pelayanan shalat di 50 titik yang tersebar di kota Bandung dan sekitarnya. “Besar harapan kami untuk unit ke 2 ini dapat memberikan pelayanan yang lebih banyak lagi,” tukas Hamzah.  

Dengan hadirnya Mobile Masjid bagi Ketua DKM Masjid At-Taqwa Ustad Iwan Ibnu Khaldun merupakan pendekatan dakwah yang lebih halus. Jadi, masyarakat bisa melakukan ibadah shalat dengan mudah. Disisi lain, hadirnya mobil masjid bisa juga dipergunakan untuk kegiatan yang lain seperti tablik akbar. “Hadirnya Mobile Masjid untuk kemudahan umat islam. Alhamdulillah Masjid Raya At-Taqwa menjadi masjid yang ditunjuk oleh YMN sebagai basecamp mobil masjid. Ustad Iwan juga menyatakan kesediaannya jika YMN memerlukan halaman masjid untuk mobil lainnya setelah mobil keliling Jakarta.

Beberapa waktu lalu Mobile Masjid adakan program untuk berkunjung ke taman-taman Kota Bandung guna memfasilitasi warga yang sedang berlibur di sekitar wilayah Bandung. Taman tersebut yaitu Taman Cibeunying dan Taman Film.

"Waktu berlibur seringkali dihabiskan ke tempat wisata juga ke taman-taman kota. Di Kota Bandung cukup banyak lokasi taman-taman tematik, namun sebagian masih ada yang belum memiliki fasilitas shalat. Para Pengunjung antusias dengan adanya mobile Masjid sehingga bisa melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah," kata Hamzah.

Setelah melakukan shalat Dzuhur di Taman Cibeunying, Mobile Masjid lantas menuju Taman Film untuk Shalat Ashar. Menjelang Ashar, Mobile Masjid mempersiapkan fasilitas sholat, seperti tempat wudhu, karpet, soundsystem, hingga alat sholat, sarung dan mukena.

"Mobile Masjid ini adalah inovasi yang sangat bagus, karena siap memberikan fasilitas sholat di banyak tempat. Semoga bisa lebih sering keliling Bandung karena masih ada tempat-tempat yang susah buat cari tempat shalat," ucap pengunjung Taman Film, Syahroni.

Hamzah pun berharap Insya Allah Mobile Masjid akan rutin menjalankan program ini. Dengan menyediakan fasilitas shalat di berbagai lokasi. Semoga program kreatif ini bisa menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. (iys/dbs)


Back to Top