Inilah Cara Sukses Negeri Sakura Kembangkan Produk Makanan Halal di Pasar Global

gomuslim.co.id- Selain gencar dengan promosi pariwisata halalnya, Negeri Bunga Sakura juga serius dalam memproduksi makanan halal. Untuk menarik minat wisatawan Muslim ke Jepang, makanan halal menjadi penting disediakan dalam paket wisata tersebut. Tak hanya itu, Pemerintah Jepang juga berencana menjadikan wilayah mereka sebagai pusat produk halal dunia. Hal itu terlihat dari sejumlah produk yang sudah melewati uji verifikasi lembaga halal dunia.

Menurut Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Yasuaki Tanuzaki, tak hanya produk yang telah mendapat sertifikasi halal. Produk pariwisata juga telah diuji melalui serangkaian standar Islam. “Verifikasi standar halal ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan kepada WNI yang berlibur ke Jepang,” kata Tanuzaki.

Selain bekerja sama dengan lembaga halal di negeri sendiri, Pemerintah Jepang juga menjalin kerja sama dengan Malaysia untuk standar produk halal. Publikasi TheDailyJapan menyebutkan sejak penyelenggaraan Halal Summit yang diadakan di Jepang tahun 2014 lalu, banyak pengusaha Jepang tertarik untuk berinvestasi di produk syariah. Hal ini terlihat dari banyaknya produk pariwisata di Fuji yang telah tersertifikasi halal.

Mereka menyatakan ketertarikannya dengan bisnis syariah karena dianggap memiliki pasar yang menjanjikan. Selain itu, produk makanan yang berlabel halal dianggap lebih sehat. Dengan peningkatan jumlah turis Muslim yang semakin pesat, Jepang juga meningkatkan berbagai fasilitas dan layanannya. Sebagai bukti data Muslim Friendly Travel Index yang di keluarkan Crescent Rating, Jepang mengalami peningkatan kualitas dari 3,9 pada 2013 menjadi 4,5 pada 2014 dengan nilai tertinggi 10. 

Indikasi peningkatan ini adalah dari tren TFK Corporation, katering untuk pesawat di Tokyo. Perusahaan tersebut baru-baru ini menginvestasikan US$ 530 ribu untuk meningkatkan fasilitas di bandara internasional Narita dengan makanan bersertifikat halal untuk sejumlah penerbangan. Sementara aplikasi ponsel Halalminds diluncurkan oleh wisatawan Indonesia untuk membantu Muslim melokasikan produk halal di Jepang.

Selain itu, Jepang juga mempunyai cara tersendiri untuk meningkatkan kualitas dan penjualan makanan halalnya. Caranya adalah dengan menyediakan makanan-makanan lokal khas Jepang, seperti ramen, kari, bento, dan makanan khas lainnya dengan bahan-bahan halal, sehingga para turis muslim tak ragu untuk mengonsumsinya.

Salah satu kota besar di Jepang  yang menyajikan restoran ramen halal adalah Kota Nara. Kota ini adalah salah satu kota destinasi utama di wilayah Kansai. Restoran ini bernama Nara-Machi Jinnyah yang diambil dari Bahasa Arab dan memiliki arti penyihir. Lokasinya berada di Nara Machi (Nara Town) yang adalah salah satu wilayah populer untuk sightseeing di kota yang pernah menjadi Ibukota Jepang tersebut. Selain itu, restoran ini juga menyediakan tempat untuk wisatawan muslim beribadah.

Tidak hanya ramen, baru-baru ini Jepang melakukan terobosan baru dengan melirik konsumen wisatawan muslim yang suka mendaki gunung, yaitu dengan menyajikan sajian kare halal. Kudapan hangat khas Jepang ini tersedia di suatu kedai di atas gunung yang menjadi primadona bagi para pendaki di Jepang, yaitu Gunung Fuji. Seperti dilansir dari publikasi resmi HalalMediaJapan, Curry (kare) Jepang adalah salah satu makanan yang terkenal dan populer di keluarga-keluarga di Jepang.

Sejak tiga tahun terakhir, Jepang mulai mengembangkan pariwisata halal untuk memikat lebih banyak pengunjung muslim. Pemerintah Jepang memulai hal itu dengan mempermudah visa bagi para wisatawan muslim, khususnya Malaysia dan Indonesia. Selain itu, pada tahun 2015 lalu, Tokyo ditunjuk menjadi tuan rumah pertemuan Forum Ekonomi Yayasan Dunia Islam dan Aliansi Forum Yayasan yang menyuarakan dukungan bagi pertumbuhan industri makanan halal di Jepang.

Lebih dari itu, banyaknya penduduk asing yang beragama Islam dan juga jumlah muslim Jepang yang terus meningkat adalah alasan lain untuk pertumbuhan sektor ini. Meskipun hanya tumbuh di sebagian kecil dari 126 juta jiwa penduduk Jepang, komunitas muslim di Jepang menjadi salah satu komunitas yang berpengaruh bagi perkembangan ekonomi di negeri sakura tersebut. (fau/dbs)

Baca juga:

Jadi Kuliner Favorit di Jepang, Kini Ramen Sediakan Menu Halal

Makin Serius Bidik Konsumen Muslim, Kini Jepang Produksi Bento Halal

Untuk Pendaki Muslim, Jepang Sajikan Kare Halal di Gunung Fuji

 

 


Back to Top