Konsisten Jual Produk Halal, Mualaf Manado Ini Jadi Contoh Bagi Pengusaha UMKM

gomuslim.co.id- Saat ini, produk halal tidak hanya identik bagi kebutuhan masyarakat Muslim saja, namun masyarakat non-Muslim di dunia juga mulai mengonsumsinya. Selain karena alasan baik untuk kesehatan, produk halal juga kita tengah mendapat dukungan penuh dari pemerintah melalui berbagai bentuk program.

Namanya Gleany Rantung, biasanya dipanggil Dede. Pengusaha cemilan khas manado ini memulai bisnisnya dengan modal 200 ribu. Dari modal tersebut dirinya mengaku dapat menghasilkan omset hingga 500 ribu. Perempuan berkulit putih dan bermata sipit ini bisa dibilang cukup aktif dan produktif.

“Saya memulai usaha ini dengan modal yang kecil sekitar 200 ribu. Tapi karena saya tekun dan gigih,  meski dengan modal yang sedikit, Alhamdulillah saya bisa meraup keuntungan yang lumayan,” paparnya.

Ibu rumah tangga yang berpenampilan sederhana ini termasuk orang beruntung. Betapa tidak, dirinya mendapatkan bantuan pemberdayaan keluarga sadar halal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara. Dengan modal 5 juta dan 3 juta untuk etalase, sekarang dia mampu meningkatkan omsetnya sampai Rp 1,5 juta rata-rata per hari. Sebuah langkah bisnis yang sangat menjanjikan bagi seorang pengusaha kecil seperti dirinya.

“Karena saya aktif juga bermasyarakat, kebetulan ada yang menawarkan program pemerintah  yaitu Kemenag untuk bantuan usaha ini. Ya saya ambil,” katanya.

Isteri dari seorang Prajurit TNI ini mengungkapkan perjalanan usahanya. Ibu muda berhijab ini menceritakan pengalamannya sebagai pengusaha yang konsisten menggunakan produk halal. Dia mengatakan, bahwa dirinya pernah hampir tergoda oleh bujukan kawan-kawannya untuk menggunakan rhum dalam membuat kelapa tart agar rasanya enak.

Namun, dia tidak bergeming dengan tawaran itu dan menolaknya. “Alhamdulillah, dengan niat beragama Islam yang baik untuk meninggalkan unsur-unsur yang diharamkan dalam membuat kue, produk saya tetap enak dan laku. Bahkan, permintaan semakin meningkat, berkahnya saya dapatkan,” ungkapnya.

Bagi Dede, berbisnis dengan membuat produk halal ini sangat menguntungkan bagi dirinya sendiri. Selain tidak membuat kerugian bagi orang lain, konsumen juga semakin percaya kepada produk-produknya.

“Kalau kita berusaha dengan cara yang jujur dan benar, orang lain pun pasti menilai dan percaya sama kita. Nah, kepercayaan inilah salah satunya yang membuat permintaan produk kue saya terus meningkat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Maluku Utara Dahlan Saidi menjelaskan, Dede termasuk pelaku usaha kecil yang sukses mendapatkan bantuan dari Kemenag. Bahkan, tegas Dahlan mengatakan bahwa Dede merupakan seorang yang komit untuk mengalokasikan zakat mal dari keuntungan bisnisnya ke Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang ada di masjid terdekat. “Dede ini orangnya jujur dan konsisten. Dia bisa menjadi teladan yang baik bagi pengusaha kecil lainnya,” ujar pria keturunan Buton ini penuh harap. (njs/dbs)


Back to Top