Kota Bandung Masuk Daftar 10 Besar Halal Friendly Place Dunia

gomuslim.co.id- Sebagai salah satu kota metropolitan sekaligus ibukota dari di Provinsi Jawa Barat Kota Bandung memiliki segudang prestasi. Sebut saja, pada tahun 1990 kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Selain itu kota Bandung dahulunya disebut juga dengan Paris van Java karena keindahannya. Kota ini juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

Baru-baru ini, kota Bandung kembali meraih prestasi bergengsi. Kali ini Kota Kembang itu meraih penghargaan menjadi salah satu dari 10 kota terbaik dunia versi Halal Friendly Place tahun 2016. Penghargaan ini juga diikti oleh sembilan kota lainnya seperti Berlin, Cape Town, Maldives dan Doha.

Dalam sembutannya, Walikota Bandung M Ridwan Kamil mengungkapkan rasa bangga nya karena Kota Bandung menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang meraih penghargaan ini. “Saya bangga atas raihan prestasi ini, hal ini tentu saja berkat kerja keras dan kerjasama yang baik dari pemerintah Kota Bandung dan masyarakat yang turut mendukung,” ujarnya.

Publikasi Halaltrip menyebutkan Kota Bandung menempati peringkat ke enam Halal Friendly Place. Pada peringkat pertama ditempati kota Marrakech (Maroko), disusul Kuala Lumpur (Malaysia), Istanbul (Turki), Tasmania (Australia) dan Doha (Qatar) di peringkat kelima.

 Ridwan Kamil menambahkan, Kota Bandung sebagai kota dengan penduduk mayoritas muslim, sudah seharusnya menjadi tempat yang ramah dengan produk halal. “Halal Friendly City artinya orang yang mencari halal food dan halal facilities mudah dan kegiatannya banyak sekali di sini (Bandung) dan sudah sewajarnya namanya juga kota mayoritas penduduk muslim,” paparnya waktu lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Emil juga menyebutkan bahwa pengertian halal friendly berbeda dengan kota halal. Sebab secara demografi, penduduk di Kota Bandung tidak semuanya muslim. “Jadi Bandung masuk 10 besar kota dunia yang halal friendly city, bukan kota halal. Karena kalau definisi kota halal diasumsikan yang tidak halal tidak boleh. Karena demografi Bandung tidak semua umat Islam,” kata Emil.

Kang Emil mengaku bangga dengan prestasi ini, sebab Kota Bandung menjadi kota satu-satunya kota di Indonesia sebagai Halal Friendly Place yang bersanding dengan kota-kota besar di dunia. “Bandung satu-satunya kota di Indonesia yang masuk Halal Friendly City. Hal yang menarik ini kebanyakan kota di Barat ada di Berlin, Cape Town, Singapura, kita ranking ke 6,” katanya. (njs/dbs)

 


Back to Top