Ingin Dalami Agama Islam, Pemain Sepak Bola Dunia Ini Pensiun Muda

gomuslim.co.id- Berprofesi sebagai pemain sepak bola profesional di tanah eropa adalah kebanggaan bagi pecinta olahraga. Popularitas yang mendunia dan mendapatkan gaji yang selangit menjadi hal yang menarik bagi siapa pun. Namun, hal ini tidak berlaku bagi seorang Jeremy Helan.

Eks pemain Manchester City ini memilih untuk pensiun di usianya yang masih muda yaitu 24 tahun. Keinginan untuk pensiun dini ini tentu beralasan. Mengingat dirinya sangat mencintai agama yang dianutnya. Dirinya bertekad untuk dapat mendalami ilmu agama Islam secara lebih dalam.  Pernah dijuluki sebagai Parice Evra baru, Helan dikabarkan merasa kurang puas dengan dunia sepak bola sehingga dirinya memutuskan mengabdikan hidupnya untuk agama.

Pemain bola muslim yang kini memperkuat Sheffield Wednesday ini berencana mengakhiri karirnya dalam dunia sepak bola di usaianya yang terbilang masih sangat produktif. Bek asal Prancis yang digaet oleh The Owls dari Manchester City pada 2013, dikabarkan telah memberitahu klub terkait rencananya pekan lalu. Dan klub begitu terkejut ketika mendapatkan kabar demikian.

Helan adalah seorang muslim yang taat. Ia memiliki rencana terbang ke Arab Saudi untuk memperdalam agamanya lebih jauh lagi. Namun, bagaimanapun juga, kontraknya di klub baru berakhir pada akhir musim ini dan Sheffield Wednesday masih tetap berusaha untuk mempertahankan masa depan sang pemain di Hillsborough.

Helan bergabung ke City dari Rennes pada 2008, pada saat itu umurnya baru 16 tahun. Tetapi ia hanya bisa mencatatkan satu pertandingan saat berkarir di Etihad Stadium. Masih belum ada komentar dari kedua belah pihak, baik dari klub atau pemain, terkait spekulasi yang sudah berkembang luas ini.

Helan dikabarkan berniat pergi Arab Saudi untuk memperdalam Islam di sana. Helan ini memang seorang Muslim yang taat. Dia ingin ke Saudi setelah sering menghabiskan waktu di sebuah masjid di kota Sheffield. Selama dua musim berikutnya Helan menjadi pemain pinjaman untuk klub lain yang kebanyakan penghuni divisi tiga liga Inggris, League One.

Menurut rekan satu tim, saat ini Helan sudah tidak berminat lagi dengan sepak bola. Dia ingin fokus mendalami Islam. “Awalnya ini hanya pembicaraan di ruang ganti. Dia mengatakan ingin pensiun pekan lalu. Dia ingin pergi ke Saudi untuk konsentrasi terhadap agamanya setelah dalam beberapa waktu terakhir sibuk mengikuti kegiatan di masjid setempat,” jelas salah satu rekan Helan, seperti dilansir dari publikasi Daily Mail.

Keputusan untuk pensiun muda tidaklah mudah. Terlebih jika debut profesional telah Helan jalani di usia yang sangat muda. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang sulit untuk dijalani. Karena akan ada banyak rintangan dihadapi setelah mengakhiri karirnya. Tapi, hanya satu keyakinan Helan yang terus ia pegang. Keyakinan kuat pada agama dan Tuhannya. Pengabdian diri untuk agama adalah hal yang sangat mulia. Bagi seorang Muslim, menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban. Keputusan Helan memang mendapat beragam komentar, tapi di usia mudanya, Helan memutuskan mengabdi untuk agama. (njs/dbs)

 


Back to Top