Empat Pemain Sepak Bola Muslim Ini Masuk Tim Inti Arsenal

gomuslim.co.id- Prestasi Muslim di kancah olahraga semakin membanggakan. Salah satunya adalah menjadi pemain sepak bola profesional di klub-klub elit besar di tanah Eropa. Sebut saja Arsenal Football Club, klub sepak bola papan atas asal London Utara, Inggris ini ternyata memiliki banyak pemain muslim yang menjadi andalannya.

Setidaknya saat ini ada empat pemain Muslim yang membela klub yang berdiri sejak tahun 1886. Mereka di antaranya adalah Mesut Ozil, Muhamed Elnany, Granit Xhaka, dan Skhodran Mustafi. Keempat pemain ini telah menjadi pilar utama di klub yang telah 3 kali menjuarai Premier League (kasta tertinggi kompetisi sepakbolah Britania Raya).

Pertama, mulai dari Mesut Ozil. Ozil (panggilannya) adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki Arsenal. Ia telah menyumbangkan tiga gelar sejak bergabung tiga tahun lalu. Meski punya kewarganegaraan Jerman, Ozil adalah pemeluk Muslim yang taat. Dia punya kebiasaan membaca Alquran sebelum bertanding.

“Saya selalu berdoa sebelum keluar lapangan. Rekan-rekan saya tahu tidak akan menganggu ketika saya berdoa,” kata Ozil seperti dilansir Der Taggespiel. Mei lalu Ozil menjalani ibadah umrah sebelum ke Piala Eropa 2016. Ia sempat mengunggah beberapa fotonya ketika berkunjung ke tanah suci di media sosial.  

Kedua, Skhodran Mustafi. Mustafi baru bergabung dengan Arsenal musim 2016-2017 ini. Dia dibeli dari Valencia dengan harga 30 juta pounds. Pemain timnas Jerman itu juga menganut agama Islam. Sama seperti Xhaka, Mustafi juga mempunyai darah keturunan Albania.

Mustafi pernah membuat kehebohan ketika menjalani jumpa pers di ajang Liga Champions beberapa tahun lalu. Ia menolak berbicara ketika ada botol bir di meja wawancara. Akhirnya Mustafi bersedia bicara setelah dibujuk oleh salah seorang panitia. Mustafi juga pernah mengunggah foto memakai kaus bertuliskan muslim ketika awal Ramadan kemarin.

Ketiga, Mohamed Elneny. Elneny juga termasuk pemain baru bagi Arsenal. Ia bergabung sejak Januari lalu yang direkrut dari FC Basel. Elneny merupakan pemain asal negara Mesir. Tak heran ia merupakan penganut Muslim yang taat.

Dalam beberapa selebrasinya, Elneny bersujud di lapangan sebagai tanda syukur.  Sejauh ini Elneny sudah bermain dalam 19 laga dan mencetak satu gol.

Keempat, Granit Xhaka. Xhaka merupakan calon idola baru di lapangan tengah Arsenal. Apalagi setelah melihat gol cantiknya akhir pekan lalu. Kebintangan Xhaka sebenarnya sudah nampak sejak dia membela Borussia Monchengladbach pada tahun 2012. Media Jerman menjulukinya sebagai “Bastian Schweinsteiger kecil” karena gaya permainannya yang mirip.

Xhaka juga tak malu mengungkapkan identitasnya sebagai Muslim. Pada hari raya Idul Adha kemarin ia juga mengunggah foto ucapan selamat pada followersnya. Xhaka menjadi sorotan dalam laga Arsenal kontra Hull City beberapa pekan lalu. Maklum, gol jarak jauhnya membuatnya mendapat banyak pujian dari pecinta bola.

Tidak banyak yang tahu kalau Xhaka adalah penganut Muslim. Meski berkewarganegaraan Swiss, namun Xhaka merupakan keturunan Kosovo dan Albania yang mayoritas penduduknya beragama Islam. (njs/dbs)


Back to Top