Komunitas Muslim Newcastle Segera Gelar Pameran Alquran

gomuslim.co.id– Perkembangan Islam di Tanah Britania khususnya Inggris sedang meningat. Hal ini ditandai dari mulai tersedianya tempat wisata halal di negara tersebut. Bahkan, banyak penduduk muslim yang beranggapan bahwa di Inggris menjadi tempat yang lebih 'hangat' dalam menyambut umat Muslim ketimbang di Amerika Serikat sekalipun, maka wajar jika banyak wisatawan Muslim yang berkunjung ke negara tersebut.
 
Inggris memiliki beberapa daerah yang memang terkenal dengan komunitas Muslimnya yang cukup banyak, di antaranya di Newcastle, Luton serta Birmingham. Di Luton sendiri, terdapat banyak mesjid dan restoran halal yang terbentang di sepanjang kota. Sementara di Birmingham, terdapat banyak sekali umat Muslim dan wanita berhijab di kota tersebut berkat keberadaan Green Lane Mesjid.
 
Sementara itu, di Newcastle pun demikian, baru-baru ini komunitas Muslim di Newcastle, Inggris akan menggelar Pameran Alquran untuk mengkampanyekan kandungan Alquran dan Islam kepada masyarakat luas. Kegiatan satu hari ini akan diadakan oleh sejumlah organisasi Islam yang tergabung dalam Islamic Diversity Centre (IDC) akan diadakan di Perpustakaan Newcastle City bulan Oktober 2016 ini, namun ketentuan tanggal masih menunggu konfirmasi. Menurut Panitia, kegiatan ini akan memberikan pengunjung kesempatan untuk berbicara dengan umat Muslim tentang kitab suci Alquran dan mencari tahu makna sebenarnya.
 
Panitia juga menjadwalkan beberapa narasumber tentang topik-topik, yang di antaranya menyangkut, Apa asal-usul Alquran? Apakah Alquran berubah seiring perjalanan waktu? dan Apakah yang diajarkan Alquran?
 
“Kami berharap pengunjung, baik Muslim atau-pun non-Muslim dapat berinteraksi dengan Muslim dan ulama Muslim untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Islam dan Muslim,” ujar pernyataan panitia penyelenggara seperti dilansir dari TheVoice (07/10). Tidak hanya itu, para pengunjung juga nantinya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan Alquran dan terjemahnya secara gratis.
 
Pameran ini juga merupakan pameran yang pertama di Inggris, yang bertujuan untuk memperkenalkan agama Islam bagi mereka yang belum sepenuhnya memahami Islam. Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun, bagi peserta yang hadir juga berkesempatan untuk mendapatkan cetakan dari kaligrafi yang bertuliskan nama mereka sendiri. 
 
Adapun perkembangan Islam di Newcastle ditandai dengan beberapa Masjid, di antaranya yang terbesar adalah Masjid Newcastle Central. Masjid ini terdapat sekolah Islam untuk anak-anak penduduk lokal maupun pendatang. Setiap sore setelah shalat Ashar dan Magrib terlihat anak-anak berkumpul berkelompok di sudut-sudut masjid untuk mengikuti program menghafal Alquran. Selain itu juga kegiatan-kegiatan keislaman seperti shalat berjamaah setiap waktu, pengajian Islam, santunan panti jompo, dan kegiatan keorganisasian Islam. Kota ini juga terdapat klub club liga sepakbola Inggris, Newcastle United, yang di dalamnya ada beberapa pemain Muslim, di antaranya: Papiss Cisse (asal Senegal), Ismael Cheik Tiote (Pantai Gading), dan Moussa Sissoko (Perancis). (ari/dbs)

Back to Top