Berikan Kontribusi Besar bagi Negara, Umat Islam Kanada Dapat Pujian Perdana Menteri

gomuslim.co.id- Kanada merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak keragaman dari berbagai aspek. Selain menjadi negara para pendatang, Kanada juga memiliki tradisi dan kebijaksanaan yang baik dalam proses mendorong aneka ragam kebudayaan. Hampir semua kelompok suku bangsa di dunia terwakili di Kanada. Keragaman inilah yang menjadi kekuatan negara tersebut dalam menjunjung tinggi nilai kesetaraan dan sikap saling menghormati.  

Negara bagian utara di benua Amerika itu sampai saat ini setidaknya telah memiliki 3 persen pemeluk Islam dari sebagian warganya. Namun, meski minoritas, keberadaan Muslim di negara dwi-bahasa (memiliki dua bahasa resmi) ini dinilai memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menjaga persatuan.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan, keberagaman tersebut tidak membuat negaranya terpecah-belah. Hal ini justru berdampak positif bagi kehidupan warga masyarakatnya. Salah satunya adalah adanya konribusi positif dari kalangan umat Islam di negara tersebut.

Trudeau menilai, kontribusi yang dilakukan oleh umat Islam di Kanada cukup besar. Meski berasal dari berbagai negara di dunia yang berbeda buadaya, bahasa, etnis, pendidikan dan profesi, umat Islam disana tetap menjaga persatuan dan rasa cinta warga terhadap Negara Kanada.

“Kontribusi umat Islam sangat baik di negara kita. Dengan iman dan keyakinan yang mereka anut, sangat membantu untuk tetap menjaga keharmonisan antar sesama warga,” katanya saat mengunjungi Asosiasi Muslim di Masjid Ottawa.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Mississauga, Bonnie Crombie juga menunjukkan rasa hormatnya terhadap umat Islam di wilayahnya. Saat umat Islam menggelar Festival Muslim pada Idul Fitri lalu, Bonnie memberikan fasilitas parkir gratis di seluruh kota selama festival berlangsung. “Kami adalah negara multikultural, beragam keyakinan, tapi tetap bersatu dalam naungan Kanada,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (7/10).

Bonnie menambahkan keberagaman yang tetap menjaga nilai persatuan dan kesatuan di Kanada harus selalu dipelihara oleh setiap warganya. Sebagai negara yang secara khusus mendapatkan nilai tinggi untuk akses pendidikan (survey PBB), Kanada telah memberikan contoh baik bagi negara lain. “Kita jaga bersama-sama segala hal baik ini,” tambahnya.

Selain itu, perempuan muslim yang mengenakan jilbab juga telah mendapatkan izin untuk dapat bergabung dalam satuan kepolisian negara. Perlakuan sama terhadap semua warga menjadi hal penting dalam menjaga persatuan. Tidak adanya sikap diskriminatif terhadap setiap warganya, membuat Kanada sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan pluralisme.

Berdasarkan sesus penduduk terbaru, umat Islam di Kanada berjumlah sekitar 1,5 juta orang. Setara dengan 3 persen pupulasi penduduk Kanada. Mereka senang menjadi warga Kanada. Meskipun banyak masyarakat yang melakukan migrasi dari negara lain.

Di sisi lain, penduduk Kanada sangat memelihara lingkungan alami mereka. Hingga saat ini terdapat 42 taman nasional dan reservasi taman nasional di Kanada yang berlokasi di tiap provinsi dan teritori. Tiap provinsi dan daerah (teritori) juga memiliki area yang ditunjuk sebagai taman-taman provinsi, area hutan belantara, reservasi alam dan ekologi.  Ada 2000 lebih daerah tujuan di seluruh Kanada.

Kanada juga terkenal karena masyarakatnya yang aman, adil dan damai. Tingkat kejahatan di Kanada terus menurun secara stabil sejak tahun 1990. Pada tahun 1997, laporan polisi tentang tingkat kejahatan di Kanada menurun 5 persen selama tahun keenam secara berturut-turut. Kejahatan dengan kekerasan turun untuk tahun kelima secara berturut-turut pada tahun 1997 dan tingkat pembunuhan di Kanada sekarang terhitung kurang dari satu persen dari seluruh insiden kekerasan yang dilaporkan. (njs/dbs)


Back to Top