Muslim Kanada Ini Jadi Rektor Universitas Terkemuka di Toronto

gomuslim.co.id- Prestasi seorang Muslim di berbagai belahan dunia terus memberikan kebanggaan. Meski di Negara yang mayoritas bukan pemeluk Islam, ternyata karir dapat diraih sampai pada titik puncaknya. Baru-baru ini sebuah lembaga pendidikan di Kanada mengumumkan telah melantik seorang Muslim menjadi Presiden (Rektor) Universitas.

Namanya adalah Dr Mohamed Lachemi. Seorang muslim berkebangsaan Kanada ini secara resmi telah dilantik menjadi Presiden Universitas Ryerson di Toronto, Kanada. Pelantikan Lachemi dihadiri oleh para petinggi Universitas, staf administrasi, dan persatuan mahasiswa Universitas Ryerson, sekaligus menjadi tonggak masa bakti Lachemi yang telah diumumkan pada Maret, Jumat (30/9).

Sebagaimana dilansir dari publikasi resminya, Universitas Ryerson di Toronto mengumumkan pelantikan Lachemi. “Universitas Ryerson di Toronto, Kanada, dengan bangga mengumumkan dan melantik Dr Mohamed Lachemi sebagai presiden Universitas yang baru,” tulisnya.

Lachemi merupakan muslim pertama yang menjabat sebagai presiden di Universitas tersebut. “Ini adalah sebuah peristiwa yang sangat signifikan dan sangat penting bagi universitas karena secara resmi menyerahkan wewenang dan tanggung jawab tugas,” tulisnya lagi.

Lachemi ditunjuk menjadi presiden Universitas Ryerson menggantikan Sheldon Levy, yang telah meninggalkan universitas itu pada Desember 2015 lalu. Levy kemudian ditunjuk menjadi wakil menteri di Kementerian Pelatihan, Sekolah Tinggi, dan Universitas di Kanada.

Dalam pidato sambutannya, Lachemi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. Kepercayaan untuk memimpin salah satu universitas terkemuka di Kanada itu menjadi sebuah penghargaan tinggi kepadanya. “Sebuah kehormatan bagi saya untuk mengemban tugas sebagai Presiden Universitas Ryerson,” ujarnya.

Terkait visi dan misi untuk masa depan Universitas Ryerson, ia menekankan bahwa kampus yang akan dipimpinnya dapat menjadi lebih baik jika kerjasama tim terus dijaga. “Ryerson akan menjadi tempat pilihan bagi para pemikir kreatif, inovator dan mitra, pemimpi, serta orang-orang yang mengedepankan tindakan,” paparnya.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau turut mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Lachemi. “Selamat Dr. Lachemi, saya sangat yakin bahwa anda adalah seorang pendidik yang baik. Saya juga yakin anda akan membawa Universitas Ryerson terus berkembang. Sebagai guru anda telah memberikan perhatian besar pada pendidikan Kanada,” ucapnya.

Lachemi sendiri mengawali karirnya pada tahun 1998 sebagai professor teknik sipil. Kemudian pernah juga menjadi Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Arsitektur. Dirinya juga pernah menjadi kepala penelitian di Kanada selama delapan tahun. Beberapa penelitiannya melibatkan studi tentang teknologi superior. Sebelum pengangkatannya, Lachemi sempat menjabat sebagai wakil presiden bagian akademik di kampusnya.

Karirnya selama 18 tahun di universitas bisa dibilang sangat komprehensif. Karenanya, Universitas Ryerson mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam kurun 10 tahun terakhir. Yonge Street adalah salah satu  warisan yang terlah dilanjutkan Dr. Lachemi.

Terus melakukan inovasi akan menjadi bagian yang diprioritaskannya selama menjabat Rektor Universitas. “Agenda untuk pengembangan inovasinya adalah kami dapat memainkan peran yang lebih besar dari sebelumnya. Tidak hanya fokus pada mahasiswa, tetapi kota dan masyarakatnya,” paparnya. (njs/mn/dbs).


Back to Top