Ini Rahasia Sukses Pemilik Butik Muslim Fashion Online Terbesar di Amerika Serikat

gomuslim.co.id- Zeena Altalib, Pemilik butik online prima moda, merupakan toko busana muslim online terbesar di Amerika Serikat. Baru-baru ini, ia datang ke Indonesia. Kedatanganya kali ini atas undangan dari Pusat Kebudayaan AS di Jakarta. Ia menceritakan pengalamannya sebagai entrepreneur.

Zeena mengakui bahwa selain mendesain pakaiannya sendiri, ia juga kerap membeli produk dari negara timur tengah dan asia, salah satunya Indonesia yakni Bogor. Saat ini, ia telah menjual  lebih dari 1000 macam produk, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga perlengkapan shalat, seperti mukena.

Ciri khas koleksi Zeena menampilkan pakaian sederhana tapi penuh gaya. Menurut Zeena, rancangannya merupakan pilihan bagi wanita yang ingin berpakaian sopan, tertutup tapi tetap tampil modis. Karena itu Prima Moda menawarkan berbagai pilihan pakaian untuk para profesional, ibu dan wanita aktif. Sehingga, memungkinkan para wanita ini akan merasakan nyaman dan percaya diri, baik saat bekerja, pergi ke gym, pantai atau aktivitas lain sesuai selera.  

Dengan keinginan Zeene, akhirnya ia membangun bisnis online , Prima Moda pada tahun 2005. “Ketika saya pertama kali membuka toko ini, hal yang pertama saya tawarkan adalah baju renang Muslimah. Ternyata di AS, saya melihat respons positif,” ungkap alumnus George Mason University ini.  

Zeena lalu bercerita, ketika ia pertama kali mengenakan baju renang muslim ke pantai, banyak yang memujinya. Sebab, baju renang rancangan Zeena terbuat dari bahan yang memang cocok untuk berenang. “Baju renang tidak harus berbentuk bikini, tentu saja hal itu membuat orang membuka pikiran mereka dan melihat dengan cara yang baru,” tuturnya.

Zeena merupakan wanita asal Irak. Pada usia 16 tahun ia bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Zeena mengungkapkan bahwa dua tahun awal ia di Amerika merupakan tahun terberat, karena ia tidak bisa bahasa Inggris. Sehingga selama satu tahun Zeena hanya mendengarkan orang berbicara.

“Selanjutnya, setelah saya mendapat gelar master bidang desain dan teknologi, saya memutuskan untuk membangun usaha saya sendiri, yaitu fashion, karena saya tertarik dunia fashion sejak kecil,” ungkap Zeen

Lika liku pun ia alami sejak awal memulai usaha. Tentu saja banyak tantangan yang dihadapi. Akan tetapi, Zeena tidak gentar, justru segala penolakan dan gagal merupakan semangat dan jadi ilmu untuk terus berkarya.

"Tantangan itu terutama karena saya seorang wanita Muslim maka harus menjual busana Muslim. Tetapi saya memutuskan untuk melawan arus. Walaupun lingkungan sekitar meragukan dirinya,” Kata Zeena, wanita yang sukses menjual pakaian  wanita yang modis di AS, hingga ke Eropa dan Asia.

Zeena mengaku produknya memang tidak dikhususkan busana Muslim. “Karena saya mengincar pasar yang lebih luas di seluruh dunia, dan untuk mencapai itu, produknya tidak harus ada label syariah,” jelasnya.

Karena itu, selama di Indonesia, aktivitas Zeena mengunjungi universitas untuk berbagi cerita mengenai peran Muslimah dalam menjalankan bisnis online, dan technopreneurship sebagai salah satu cara meningkatkan bisnis secara global.

Dengan bisnis secara global, tidak hanya Muslim yang membeli produknya, tetapi juga non Muslim. Mereka merasa nyaman dengan pakaian sopan. Disamping itu lebih sehat, terlindung dari polusi. Bahkan pakaian santun ini lebih baik.

Zeena telah berhasil membesarkan Prima Moda, sehingga penjual darimana pun bisa memasarkan produknya. Pakaian yang santun produksi Prima Moda didesain sendiri dan juga kerja sama dengan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Turki. Hingga kini, Prima Moda telah memiliki 10 ribu konsumen, 75%   masih di Amerika Serikat. (iys/dbs)

 

 

 

 


Back to Top