Makin Serius Garap Pariwisata Halal, Kini Jepang Hadirkan Ruang Shalat di Area Tokyo Disney Sea

gomuslim.co.id- Negeri Sakura makin serius garap industri pariwisata halal dunia. Hal tersebut dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari inovasi produk halal sampai penyediaan fasilitas wisata yang menunjang kegiatan wisatawan muslim tersebut selama berada di Jepang.

Baru-baru ini, untuk menarik minat wisatawan Muslim, salah satu destinasi wisata di Kota Tokyo, Jepang, yaitu Tokyo DisneySea  menyediakan area shalat bagi wisatawan Muslim. Area ini muncul setelah lebih dari 1.000 tanda tangan terkumpul atas petisi yang berisi permintaan fasilitasi area shalat dan makanan halal dari berbagai pihak.

Area shalat ini terletak di ruang Manager Railway of Electrick Railway di Tokyo DisneySea. Selain itu, di sebelah area tersebut juga terdapat kamar kecil sehingga wisatawan yang hendak shalat bisa berwudhu di tempat tersebut.

Publikasi Halal Media Japan menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatian untuk menggunakkan ruang shalat ini, yaitu pengunjung harus membawa perlengkapan shalat sendiri dan memastikan pengunjung bicara dulu dengan petugas di sekitar area shalat sebelum memulai ibadah.

Sebelumnya, pada akhir Maret 2016 lalu, Halal Media Japan mengumpulkan tanda tangan untuk meminta penyediaan makanan halal dan tempat shalat di Tokyo Disney Resort. Hingga akhir Maret 2016, terkumpul 1.138 tanda tangan baik dari warga di Jepang maupun dari luar Jepang.

Halal Media Japan bahkan menerima tiga surat dari Indonesia dan Singapura yang berisi masing-masing 183 tanda tangan dan 131 tanda tangan. Terdapat pula enam surat berisi 86 tanda tangan dari mereka yang bermukim di Jepang selain pula dukungan jamaah Masjid Okachimachi (Masjid As-Salam). Semua tanda tangan terkumpul kemudian diserahkan ke pengelola Tokyo Disney Resort.

 ”Kami harap wisatawan Muslim bisa menikmati kunjungan di Tokyo Disneyland dan pusat wisata lain di Jepang. Untuk mewujudkan itu, kami berusaha membuat Jepang menjadi negara yang lebih ramah Muslim,” ungkap Fukuda sekalu perwakilan dari Halal Media Japan.

Sejak tiga tahun terakhir, Jepang mulai mengembangkan pariwisata halal untuk memikat lebih banyak pengunjung muslim. Pemerintah Jepang memulai hal itu dengan mempermudah visa bagi para wisatawan muslim, khususnya Malaysia dan Indonesia. Selain itu, pada tahun 2015 lalu, Tokyo ditunjuk menjadi tuan rumah pertemuan Forum Ekonomi Yayasan Dunia Islam dan Aliansi Forum Yayasan yang menyuarakan dukungan bagi pertumbuhan industri makanan halal di Jepang.

Lebih dari itu, banyaknya penduduk asing yang beragama Islam dan juga jumlah muslim Jepang yang terus meningkat adalah alasan lain untuk pertumbuhan sektor ini. Meskipun hanya tumbuh di sebagian kecil dari 126 juta jiwa penduduk Jepang, komunitas muslim di Jepang menjadi salah satu komunitas yang berpengaruh bagi perkembangan ekonomi di negeri sakura tersebut. (fau/dbs)

 

Baca juga:

Di Jepang, Sejumlah Perkantoran Mulai Sediakan Tempat Shalat Pegawai

Inilah Cara Sukses Negeri Sakura Kembangkan Produk Makanan Halal di Pasar Global


Back to Top