Kini Brasil Mulai Bidik Industri Produk Halal

gomuslim.co.id- Industri Halal global memiliki potensi yag sangat besar untuk meningkatkan pemasukan suatu negara. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya negara-negara yang mulai mencoba mengoptimalkan industri ini. Mulai dari negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Muslim seperti di Indonesia, hingga negara-negara yang penduduk Muslimnya seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Melihat tren industri produk halal yang semakin meningkat Kamar Dagang dan Industri Dubai menggelar sebuah forum Bisnis Global Amerika Latin. Dalam pertemuan ini, para peserta membahas perkembangan pasar halal global, khususnya potensi di wilayah Amerika Latin. 

Presiden Federasi Asosiasi Muslim di Brasil (Fambras) Mohamed El Zoghbi menjadi salah satu pembicara panel utama untuk menyoroti berbagai peluang Brasil dalam produk halal.

“Brasil akan menyumbang lebih dari 10 persen pasokan produk halal global. Meskipun Brasil termasuk produsen terkemuka dari protein hewani halal, kita bisa bekerja dengan cara kami ke pasar lain seperti kosmetik, obat-obatan, pakaian dan permen,” ujar Mohamed El Zoghbi seperti dilansir dari publikasi cpifinancial.

Ia mengungkapkan korporasi harus dibuat 'melek’ agar dapat mengamankan pasar di negara-negara Muslim. Karena itu merupakan hal yang penting bagi mereka agar dapat memenuhi standar teknis dan peraturan berdasarkan prinsip-prinsip Islam dan memastikan bahan baku yang tersedia juga memenuhi standar halal.

Di sisi lain, standar ini juga merupakan hal penting untuk menyebarkan kesadaran tentang produk halal di Brasil dan harus dipasarkan secara luas ke seluruh dunia. Brazil juga mencoba menggarap pasar Halal Global walaupun dengan porsi yang cukup minim.

Sementara itu, Direktur Investasi Arab-Brasil Chamber of Commerce (ABCC),  Daniel Hannun akan memberikan dukungan untuk investasi di acara tersebut sebagai bagian dari perjanjian kerja sama antara Kamar Dagang dan lembaga negara. Hal serupa disampiakan Manajer Hubungan Pemerintah Tamer Mansour. Eksekutif ABCC juga akan melakukan pertemuan terpisah di UAE dalam upaya untuk membangun hubungan yang lebih erat dan meningkatkan kerjasama antar bisnis Brasil dan UEA. 

Michel Alaby, Sekretaris Jenderal dan CEO dari ABCC menambahkan Kamar Dagang Arab dan Brasil secara konsisten terlibat dalam mempromosikan produk halal Brasil di berbagai acara. Seperti di UAE dan di Timur Tengah. Misalnya, ekspor daging sapi Brasil ke Dunia Arab mencapai $ .2.76 miliar dari Januari sampai September 2016.

Angka ini menunjukkan pasar yang kuat dan stabil untuk produk Brasil. Untuk itu, pemenuhan standar sertifikasi produk halal Brasil merupakan  faktor kunci untuk memperluas pertumbuhan di wilayah ini. 

Bukan hanya dari sektor ekspor saja, Brazil juga saat ini tengah mencoba menggarap pasar halal khususnya dari sektor destinasi halal. Hal ini mulai terlihat dari bermunculannya restoran yang menyajikan makanan Halal di Brazil. Salah satu yang cukup terkenal adalah Frutaria Sao Paulo, restoran vegetarian ini berlokasi di Avenida Helio Pellegrino 100, Sao Paulo, Brasil.

Menu makanannya juga beragam di antaranya hamberger, salad, sandwich, omlet hingga paratos yang terdiri dari olahan daging organik. Minumannya terdiri dari berbagai minuman sucos atau kita biasa menyebutnya jus. (ari/dbs) 


Back to Top