Publikasikan Peluang Bisnis Produk Halal, Pemerintah Andalusia Gelar Seminar Pasar Halal Global

gomuslim.co.id- Bisnis produk halal dunia saat ini makin naik daun. Adanya peningkatan populasi muslim memberikan dampak bagi perekonomian di berbagai negara. Hal ini mendorong beberapa kalangan pengusaha untuk memasarkan produk-produk halal ke pasar muslim di negara-negara Islam. Tingginya daya beli dari komunitas muslim memberikan peluang besar bagi beberapa kalangan.

Baru-baru ini, Kementerian Ekonomi dan Pengetahuan dan Yayasan Umum Andalusia menggelar seminar bagi kalangan pengusaha Eropa. Seminar bertajuk ‘Peluang Bisnis di dunia Arab dan Islam’ ini dihadiri oleh 28 perusahaan di Andalusia. Tujuannya adalah untuk memublikasikan peluang bisnis di pasar dunia Arab dan Islam kepada para pelaku bisnis Andalusia. Demikian sebagaimana dilansir dari publikasi avanguardia.

“Selain itu, seminar ini juga untuk memotivasi dan memberdayakan perusahaan Andalusia. Hal ini supaya mereka melakukan pemasaran ke luar negeri terutama ke beberapa wilayah dengan populasi muslim terbanyak seperti Afrika Utara, Teluk Persia dan Timur Tengah,” ujar salah satu tim penyelenggara.

Menurut data dari Extenda, diperkirakan hampir 30 persen dari populasi dunia merupakan pemeluk agama Islam. Besarnya populasi ini, berimbas pada sektor perekonomian dunia. Salah satunya adalah pasar halal. Dari data tersebut tercatat omset pasar halal saat ini telah mencapai angka sekitar 2,1 triliun dolar per tahun.

Seminar ini membahas mengenai pentingnya sertifikasi halal untuk meramaikan pasar halal global. “Bukan hanya sertifikat namun juga proses yang ditetapkan utuk memperoleh sertifikat tersebut haruslah sesuai dengan syariat Islam. Proses sertifikasi halal biasanya berkaitan dengan produk makanan, pariwisata, kosmetik, dan lain sebagainya,” ujar salah seorang pembicara.

Di sisi lain, dalam rangka mempermudah para pengusaha, Yayasan Umum Warisan Andalusia merancang website yang bernama Andalucia Tijara. Tijara dalam bahasa Arab berarti “perdagangan”. Website ini memiliki sumber daya dan informasi dari 17 negara Arab. “Hadirnya website ini sebagai salah satu sarana untuk mempermudah kalangan pengusaha,” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya wesbsite ini nantinya akan menjadi alat yang berguna bagi perusahaan Andalusia yang tertarik untuk mengembangkan bisnis mereka termasuk ke Afrika Utara, Timur Tengah, Semenanjung Arab, dan Asia. Dan juga mencakup dua negara aktor penting dan mitra ekonomi di kawasan itu seperti Turki dan Iran.

“Di sisi lain, banyak negara yang telah mengambil pasar Asia dalam beberapa tahun terakhir juga menyebabkan kita untuk memasukkan dua negara yakni Malaysia dan Indonesia. Keduanya menawarkan kesempatan menarik bagi perusahaan kami, terutama dalam kaitannya dengan pasar Halal,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, di negara Spanyol menggelar Expo Halal Spain 2016 di Pusat Arena Pameran IFEMA Madrid, 10-11 November 2016. Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan pasar produk halal di Eropa dan Afrika Utara kepada pengusaha Indonesia, terutama potensi pasar produk halal yang cukup menjanjikan.

Pihak penyelenggara Anwar Elmezwaghi, Ambar Connect EO, menyampaikan pihaknya ingin menunjukkan aspek-aspek yang berbeda dari Industri Halal sesuai dengan trend yang berkembang di tengah pasar global, seperti turisme, dan industri halal lainnya. “Perkembangan bisnis ini menjadi satu hal yang menjanjikan,” ujarnya

Tercatat, pada 2015 lalu, hampir sembilan juta turis Muslim dari berbagai negara Islam seperti Mesir, Bangladesh, Yordania dan Libanon datang ke Spanyol. Kemudian pada 2016 (Januari sampai September) tercatat jumlah turis Muslim yang ke Spanyol mencapai enam juta orang. (njs/dbs)


Back to Top