Tingkatkan Penjualan Produk, FWD Life Akan Tambah Jumlah Agen Berlisensi Syariah

gomuslim.co.id- Setelah sukses meluncurkan produk terbaru asuransi jiwanya di unit link syariah bernama “Bebas Ikhtiar”, FWD Life terus melakukan upaya untuk memacu pertumbuhan kontribusi syariah. Baru-baru ini PT FWD Life berencana untuk menambah jumlah agen berlisensi syariah. Hal ini dalam rangka mencapai target kontribusi premi dari Unit Usaha Syariah.

Demikian disampaikan Presiden Direktur FWD Life Rudi Kamdani beberapa waktu lalu. Rudi mengatakan FWD Life menargetkan capaian premi dari produk terbarunya capai 20 sampai 30% pada 2017 mendatang. Peningkatan agen berlisensi syariah, kata dia, dilakukan untuk menopang penjualan asuransi syariah, khususnya untuk memasarkan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit-linked) dengan prinsip syariah.

“Tahun depan, kami menargetkan sekitar 70% dari total agen yang berada dibawah naungan FWD Life sudah berlisensi syariah. Ini kami lakukan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan produk asuransi syariah terbaru yang telah dirilis belum lama ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rudi menuturkan untuk mencapai target tersebut, perusahaan juga berencana meningkatkan jumlah hingga mencapai 30 sampai 40% dari total agen saat ini. Adapun, jumlah agen FWD Life saat ini mencapai 3.500 orang. “Jumlah tersebut dirasa belum memenuhi target. Maka dari itu akan kami tingkatkan,” tambahnya

Selain meningkatkan jumlah agen, Rudi mengungkapkan pihaknya juga akan melakukan inovasi produk dengan meluncurkan produk-produk baru asuransi syariah di tahun depan untuk disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Dengan adanya berbagai rencana pengembangan bisnis tersebut, kami harapkan unit bisnis syariah bisa menyumbang 20—30% terhadap total new premium di tahun depan,” katanya.

Pada 2017, FWD Life menargetkan bisa mencatatkan pertumbuhan dua kali lipat dari capaian tahun 2016. Pada tahun ini, perseroan menargetkan bisa membukukan premi sebesar Rp174 miliar atau tumbuh tiga kali lipat dari capaian tahun sebelumnya yang mencapai Rp58 miliar. Sedangkan untuk memacu kontribusi premi dari bisnis syariah, FWD Life telah melakukan pengembangan produk syariah dengan meluncurkan produk unit-linked syariah yaitu Bebas Ikhtiar.

Chief of Product Proposition & Sharia FWD Life Ade Bungsu menjelaskan produk Bebas Ikhtiar memiliki tiga kelebihan utama, yakni memberikan manfaat asuransi, memaksimalkan dana investasi dengan bonus loyalitas dan pembagian surplus underwriting, serta menyediakan fitur donasi dengan menggandeng dua lembaga terpercaya yakni Dompet Dhuawa dan Yayasan Badan Wakaf Indonesia.

Untuk manfaat proteksi, produk 'Bebas Ikthiar' memberikan perlindungan maksimal sampai dengan usia 100 tahun, serta tambahan manfaat jika nasabah meninggal akibat kecelakaan. Dari sisi investasi, dengan produk ini nasabah berkesempatan mengembangkan hasil investasi secara optimal dimana 100% kontribusi akan ditempatkan pada pilihan investasi sejak tahun kedua.

Sementara itu, Vice President Director FWD Life Jens Reisch mengungkapkan, produk selanjutnya yang akan digarap UUS perseroan adalah credit life. FWD Life juga akan melengkapi produk dan jalur distribusi lain untuk layanan syariah tersebut. Saat ini, jalur distribusi FWD Life terdiri atas keagenan (agency), corporate, e-commerce, dan bancassurance. Salah satu bank yang menjadi rekanan perseroan untuk bancasassurance adalah PT Bank Victoria International Tbk.

“Kami akan mulai menggarap asuransi credit life bulan depan melalui bancassurance dengan sekitar tiga bank. Setelah itu, pada Februari tahun depan UUS perseroan juga akan menggarap produk asuransi itu sebagai produk perdana,” paparnya. (njs/dbs)


Back to Top