Beri Motivasi Muslimah, Pemilihan Duta Hijab Malang Siap Digelar Tahun Depan

gomuslim.co.id- Event Duta Hijab Malang kembali digelar bagi muslimah yang berada di Kota Malang dan sekitarnya. Tahun ini panitia berinovasi dengan menggelar roadshow yang menyasar sekolah serta perguruan tinggi untuk menggaet banyak peserta. Pada hari Selasa (28/11) misalnya, panitia melakukan roadshow di SMKN 4 Kota Malang.

Duta Hijab Favorit 2016 Kiky Widya Sari yang juga menjadi panitia mengatakan acara kemarin merupakan roadshow yang terakhir. Sebelumnya, panitia Duta Hijab Radar Malang (DHRM) juga roadshow di SMA Negeri 1 Kota Malang, Universitas Islam Malang (Unisma), dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kiky mengatakan tujuan dari roadshow itu sendiri untuk memperkenalkan Duta Hijab Radar Malang kepada masyarakat luas. ”Sebelumnya kami hanya sosialisasi di Car Free Day (CFD). Kali ini lebih aktif menyasar beberapa sekolah dan universitas,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kiky mengaku hanya memiliki waktu 15 menit untuk sosialisasi Duta Hijab di hadapan siswa dan siswi SMK Negeri 4 Kota Malang. ”Alhamdulillah, kami dapat mewanfaatkan waktu dengan maksimal pagi itu,” tutur dia. Para siswa pun antusias dengan sosialisasi Duta Hijab Radar Malam itu. Namun, Kiky mengatakan, mereka masih malu-malu untuk tampil ke depan mendaftarkan diri langsung. ”Biasanya mereka banyak yang mendaftar via online,” terangnya.

Selain itu, lanjut KIky, dengan adanya roadshow ini, diharapkan bisa lebih banyak menggaet peserta, karena informasi bisa tersalurkan secara langsung. ”Kalau dulu tahunya hanya lewat media sosial, kali ini kami ingin lebih dekat,” ujar wanita asal Tulungagung tersebut.

Menurutnya, sosialisasi secara langsung bisa membuat calon peserta mengenal DHRM dari awal. ”Mereka bisa tahu Duta Hijab itu seperti apa, kegiatan yang kami lakukan apa saja, dan lain sebagainya,” paparnya.

Kegiatan roadshow ini juga sebagai bentuk promosi agar para wanita berhijab di Malang tertarik untuk menjadi bagian dari DHRM. ”Kami juga membuka pendaftaran selama kegiatan roadshow,” terangnya.

Harapannya, dengan sosialisasi semacam ini, bisa meningkatkan jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya. ”Targetnya kami bisa menjaring peserta sebanyak 150 orang,” tegasnya.

Adapun beberapa persyaratan untuk mengikuti ajang ini antara lain wanita usia 15 sampai 27 tahun (belum menikah), mengisi formulir pendaftaran di kantor Radar Malang Jalan Kawi 11 B, membawa fotokopi kartu identitas, foto berhijab close up dan full body berwarna ukuran 4 R, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu, serta mem-posting poster pemilihan DHRM di media sosial Instagram.

”Pendaftaran kami buka mulai tanggal 20 November hingga 20 Desember mendatang,” terangnya. Untuk seleksi awalnya, akan diadakan pada Januari 2017 dan kegiatan ini akan ditutup, pada grand final 25 Februari 2017.

Industri produk Hijab Tanah Air tahun ini juga sangat bersemangat. Hal ini tercatat dari beberapa perhelatan hijab yang menarik banyak pengunjung dan pembeli. Sebagai contoh terbaru, dua event hijab yang baru berakhir beberapa hari lalu yakni, rangkaian Hijab Mall to Mall dan Tren Hijab Expo di Makassar. Dari kedua event hijab tersebut, total transaksi yang dikumpulkan secara masing-masing sekitar 5 Miliar rupiah untuk Trend Hijab Expo dan 1.8 Miliar untuk Hijab Mall to Mall. Diharapkan pemilihan duta hijab ini bisa semakin menambah motivasi dan efek positif untuk muslimah Indonesia. (ari/dbs)   


Back to Top