'Hijab Grab Escape' Jadi Solusi Bela Diri Ala Hijabers AS

gomuslim.co.id- Peningkatan angka kriminalitas yang dialami wanita membuat sejumlah wanita merasa resah dan selalu dibayang-bayangi rasa ketakutan. Namun saat ini wanita semakin cerdas dengan membentengi diri melalui berbagai macam latihan bela diri yang cocok untuk kapasitas wanita.

Di Chicago AS, seorang muslimah bernama Zaineb Abdulla baru-baru ini mengunggah video bertajuk 'Hijab Grab Escape' di dunia maya. Tayangan yang menjadi viral itu membantu Muslimah yang tinggal di wilayah minoritas Islam untuk mempertahankan diri.

Berawal dari beberapa kisah yang didengarnya mengenai tindakan kriminal yang dialami para Muslimah, hijaber 24 tahun keturunan Irak-Amerika ini mengatakan bahwa kasus paling mencemaskan adalah perisakan fisik oleh orang lain berupa pelepasan paksa hijab yang dikenakan.

"Biasanya perempuan yang jadi korban hanya terdiam sedih atau lari sambil menangis, saya sangat geram dengan hal itu. Takut adalah reaksi yang sah dan wajar, tapi itu bukan satu-satunya reaksi yang harusnya dimiliki," jelasnya.

Melalui video tutorial pertahanan diri itu, Zaineb mengajak semua Muslimah untuk berani melawan para perisak. Terlebih, setelah kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS yang dikhawatirkan bakal meningkatkan sentimen anti-Muslim.

Wakil presiden yayasan pemberdayaan penyandang tuna rungu Deaf Planet Soul (DPS) itu menggagas video bersama rekan petarungnya, Misho Ceko dan Patrick Gatbunton. Video dilengkapi dengan peragaan bahasa isyarat American Sign Language (ASL) sehingga bisa dimengerti oleh mereka yang menyandang tuna rungu.

Selain paparan pada video, Zaineb juga memberikan kelas pertahanan diri bagi anggota DPS dan mereka yang membutuhkan. Terapis penyandang autis itu memang menguasai aliran bela diri Brazilian Jui Jitsu yang cocok sebagai pertahanan orang bertubuh mungil terhadap lawan dengan tubuh jauh lebih besar.

"Kita bukan wadah pasif untuk kefanatikan, kita bisa melawan dan memperjuangkan hak-hak kita. Mempersiapkan diri dan cukup berlatih akan memberi opsi untuk membela diri, juga memberi kepercayaan diri untuk berjalan dengan kepala tegak di negeri ini," ujarnya dalam video.

Adapun, Jiu-jitsu Brasil dalam bahasa Inggris: Brazillian jiu-jitsu (BJJ) adalah sebuah bela diri yang terfokus pada pertarungan lantai yang pertama kali dipopulerkan di Brasil. Bela diri ini merupakan sebuah pengembangan dari bela diri Kodokan Judo, 

Tehnik dan gaya bertarung Jiu Jitsu Brasil terfokus pada pertarungan bawah, bantingan, cekikan, kuncian sendi, dan pemanfaatan posisi menguntungkan. Pada prinsipnya, dari masing-masing posisi dapat dilancarkan berbagai variasi gerakan

Tujuan dari gerakan tersebut pada umummnya adalah untuk mendapatkan posisi yang lebih menguntungkan atau untuk menyelesaikan lawan dengan kuncian. Tehnik-tehnik pada Jiu Jitsu Brasil dapat dilatih dengan atau tanpa m Yang unik dari Jiu Jitsu Brasil adalah bela diri ini memiliki strategi posisi yang komprehensif. 

Dalam strategi posisi tersebut, masing masing praktisi dilatih untuk menggunakan variasi tehnik, yang pertama adalah berpindah dari posisi yang kurang menguntungkan ke posisi yang lebih menguntungkan, kedua menahan lawan pada posisi yang kurang menguntungkan, dan yang ketiga menyelesaikan lawan berbagai posisi, terutama dari posisi yang menguntungkan. (nat/dbs)


Back to Top