Baca Alquran 24 Jam Jadi Program Unggulan di Masjid Kul Syarif Rusia

gomuslim.co.id- Pada tahun 2000, bangunan Kremlin Kazan di Rusia masuk daftar UNESCO sebagai warisan budaya dan alam dunia. Saat ini Kremlin Kazan menjadi tujuan wisata favorit di Tatarstan. Di kota ini pengunjung dapat menikmati sejarah yang terbangun sejak abad sebelum masehi serta keindahan arsitektur bangunan-bangunan yang tersebar.

Selain itu, kini beragam cara dilakukan umat muslim Rusia untuk menghidupkan masjid di daerah mereka masing-masing. Salah satunya, di Masjid Kul Syarif di Kota Kazan, Rusia, sejak satu tahun yang lalu memiliki program membaca Alquran 24 jam.

Mahasiswa Teknologi Pangan Kampus Teknik Kazan, Rifqi Ahmad Riyanto mengatakan program membaca Alquran 24 jam di masjid ini bertujuan agar Kota Kazan lebih diberkahi Allah. Sang pembaca Alquran menempati satu ruangan kaca khusus di Masjid Kul Syarif.

“Sang pembaca Alquran bisa dilihat ketika pengunjung memasuki masjid, mereka berhenti ketika waktu shalat, istirahat sebentar, nanti bergantian dengan yang lain untuk kembali membaca Alquran," ujar mahasiswa yang sudah dua tahun tinggal di Kazan beberapa waktu lalu.

Rifqi menceritakan bahwa para petugas yang membaca Alquran umumnya adalah perwakilan beberapa imam atau hafidz dari Kota Kazan. Petugas pembaca Alquran akan bergiliran dan menjaga agar bacaan Alquran tetap berkumandang selama 24 jam.

Masjid Kul Syarif terletak di Kota Kazan, tepatnya di kompleks Kremlin kota Kazan. Masjid berkapasitas 6000 orang ini selain difungsikan sebagai tempat ibadah juga sebagai museum. Di lantai basement dan lantai dasar, pengunjung bisa melihat koleksi di museum Masjid ini. Untuk museum, bisa dinikmati oleh pengunjung baik Muslim maupun non-Muslim.

Kazan merupakan ibu kota negara bagian Tatarstan. Kazan dikenal sebagai salah satu kota dengan penduduk Muslim yang cukup banyak. Jumlah penduduk Kazan mencapai  sekitar tiga juta orang, dengan populasi Muslim mencapai 55 persen.

Masjid Qolşärif juga disebut Qol Sharif, Kul Sharif, dan Qol Sherif merupakan masjid yang begitu indah di Kazan, Republik Tatarstan, Federasi Russia. Masjid ini merupakan salah satu masjid indah dunia yang fotonya bertebaran di dunia maya. Arsitekturnya yang begitu indah menjadikannya sebagai salah satu objek foto favorit. Masjid ini juga menyandang predikat sebagai salah satu masjid terbesar di Russia dan wilayah Eropa timur.

 

Saat direstorasi ulang dari puing kehancuran, Masjid Kul Syarif kini kembali berdiri megah di pusat kota Kazan, ibukota Republik Tatarstan, bagian dari Federasi Rusia. Masjid yang sudah melegenda sejak empat abad yang lalu ketika empirium Islam Kazan Khanate dalam masa ke emasannya di wilayah tatarstan, menara menara Masjid Kul Sharif sudah menghiasi langit ibukota Kazan Khanate memukai siapa saja karena keagungan dan keindahan nya. 

Nama masjid ini merupakan penghormatan terhadap Imam masjid terahir dan pemimpin perlawanan rakyat Kazan “Seid Kul Sharif” yang gugur bersama para muridnya mempertahankan Kazan dari serbuan Tsar Rusia Ivan The Terrible. (nat/dbs)


Back to Top