Bagikan Alquran Saat Operasi Zebra, Polisi Riau Berharap Masyarakat Makin Sadar dan Tertib Lalu Lintas

gomuslim.co.id- Saat ini instansi kepolisian melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di Tanah Air sedang gencar melakukan operasi di jalan raya. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat Indonesia.  Sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat, polisi terus berupaya supaya dapat bersinergi dengan masyarakat salah satunya adalah membangun kesadaran dalam berlalu lintas.

Baru-baru ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pelalawan, Provinsi Riau melakukan cara unik dan berbeda saat melakukan Operasi Zebra Siak. Polisi yang bertugas dalam operasi ini membagikan Alquran kepada para pengguna kendaraan bermotor. Pembagian Alquran tersebut dimaksudkan untuk mengajak pengendara supaya taat dan sadar akan peraturan lalu lintas.

Kepala Satlantas Polres Pelalawan, AKP Refina mengungkapkan pembagian Alquran kepada pengendara kendaraan saat operasi merupakan salah satu cara mengajak masyarakat supaya sadar dan tertib dalam berkendara. “Kita membagikan Alquran saat pelaksanaan Operasi Zebra Siak. Hal ini supaya masyarakat selalu ingat akan pesan-pesan terbaik dalam Alquran sehingga mereka sadar akan pentingnya tertib dalam berkendara,” ujarnya.

Dengan adanya cara ini, Refina berharap para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas bisa sadar dengan sendirinya akan bahaya dari pelanggaran ini. “Khususnya dalam kerwajiban menggunakan helm yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK serta kelengkapan lainnya di kendaraan roda dua dan empat,” katanya.

Refina menuturkan, pembagian Alquran sendiri diberikan kepada mereka yang melanggar aturan lalu lintas di jalan raya. Pelanggaran tersebut seperti tidak menggunakan helm, tidak memasang kaca spion di kendaran dan administrasi tidak lengkap. “Alquran ini diberikan sebelum dilaksanakan penilangan. Hal ini supaya pelanggar merespon dengan baik dari tindakan aparat,” ungkapnya.

Pembagian Alquran oleh pihak kepolisian kepada masyarakat ini bukan menjadi satu hal baru. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian juga memberikan Alquran kepada masyarakat. Tito menyerahkan Alquran dengan tangannya sendiri kepada perwakilan warga. 1000 Alquran diserahkan untuk 10 Mushola dan dua masjid di daerah Semarang.

“Saya menyerahkan dan mewakafkan 1000 Alquran ini yang mudah-mudahan bermanfaat dalam mempertebal iman kita semua. Lebih lagi khususnya bagi para remaja semoga makin shaleh dan makin semangat menghafal serta mengamalkan Alquran,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan Alquran itu dilakukan sebagai bentuk pendekatan Polri kepada masyarakat. Selain Alquran juga di berikan bantuan berupa 1.000 paket sembako, 1.000 pelampung, pemeriksaan kesehatan gratis, dan perpanjangan SIM Gratis bagi warga tak mampu.

“Karena polisi diberi tugas negara untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat. Selain itu, memelihara keamanan dan ketertiban. Tugas itu tidak akan berjalan tanpa sinergi dan kerjasama yang baik dari masyarakat, untuk itu kita melakukan kegiatan bakti ini,” katanya. (njs/dbs)

 


Back to Top