Survey Potensi Pariwisata Halal, Dubes Negara-Negara Timur Tengah Tinjau Keindahan Alam NTB

gomuslim.co.id– Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyimpan sejuta keindahan alam yang banyak diminati oleh para wisatawan, baik itu turis lokal maupun turis mancanegara. Terbaru, para duta besar dari negara-negara di Timur Tengah juga datang mengunjungi provinsi yang terkenal dengan Puau Komodo dan Pulau Lomboknya ini.

Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi mengatakan kehadiran para Dubes Timur Tengah untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi NTB khususnya di sektor pariwisata, perdagangan, dan pertanian.

Zainul Majdi melanjutkan selain Cina, negara-negara Timur Tengah diketahui menjadi negara yang cukup royal dalam menginvestasikan dana mereka di luar negeri. Namun, untuk di Indonesia masih cukup minim. Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengarahkan Kementrian Luar Negeri agar diplomasi Indonesia lebih kepada diplomasi ekonomi, dan menjaring investasi di seluruh daerah.

"Salah satu yang dianggap paling potensial itu adalah NTB. Kita merupakan provinsi pertama yang didatangi para Duta Besar Timur Tengah," ujarnya di kantor Pemprov NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, Rabu (30/11).

Pria yang juga dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) itu menjelaskan, para Dubes Timur Tengah belum cukup akrab dengan potensi yang ada di NTB. "Alhamdulilah mereka semakin semangat dan akan menjadi jembatan bagi para investor dari negara masing-masing untuk bisa berkomunikasi dengan pihak NTB," lanjutnya.

Dalam pertemuan semalam, Tuan Guru Bajang menerangkan tentang potensi NTB tentang kawasan ekonomi khusus Mandalika di Lombok Tengah serta sektor pertanian dan peternakan di Pulau Sumbawa.

"Yang penting kita jaga keamanan, kenyamanan, sehingga orang yang mau menanamkan modal uangnya yakin uangnya tidak akan hilang, namun akan menghasilkan keuntungan yang lebih baik," katanya menegaskan.

Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri merupakan sebuah provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam, hal ini dikarenakan pada zaman dhulu berdiri sebuah kerajaan Islam Ternate. Sementara untuk tempat wisata didaerah ini yang sangat terkenal dalah pulau Lombok. 

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.  Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi NTB terletak di Pulau ini. Pulau dengan luas 5.435 km² memiliki banyak tempat wisata yang menarik, misalnya, selat Lombok yang menandai batas flora dan fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia. 

Ada juga Pantai Kuta Lombok, Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia. Jenis wisata yang bisa dinikmati di pantai Kuta Lombok adalah surfing.  Ombak Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, atau berkuda. (ari/dbs)


Back to Top