Program Studi Perbankan Syariah Segera Hadir di UAD Jogja

gomuslim.co.id– Pertumbuhan Perbankan Syariah di Indonesia tengah meningkat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Asbisindo beberapa waktu lalu. Bahkan, Indonesia menjadi rujukan sejumlah negara dunia dalam penerapan perbankan syariah. Berdasarkan riset Global Islamic Finance Report (GIFR, UK) tahun 2016 keuangan syariah bertumbuh dengan dukungan pemerintah dan negara muslim terbesar di dunia.

Berkaca dari hal tersebut, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kembali membuka program studi baru yaitu perbankan syariah. Program studi baru ini rencananya akan berada di bawah Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah. Jika sesuai rencana, fakultas ini akan membuka perkuliahan awal untuk mahasiswa baru pada tahun akademik 2017/2018 mendatang.

Untuk diketahui, pengenalan program studi baru ini dilakukan Rektor UAD Kasiyarno sembari launching logo muktamar UAD ke 56 di kampus setempat, beberapa hari lalu. Pembukaan program studi baru ini juga akan menandai dibukanya rangkaian peringatan Milad UAD ke-56 tahun ini yang mengambil tema penguatan implementasi perbankan syariah dalam membangun Indonesia yang berkemajuan.

Menurut Kasiyarno, pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. "Bahkan berdasarkan data Bank Indonesia pangsa pasar perbankan syariah bisa tumbuh 10 persen bahkan lebih dari perbankan konvensional di Indonesia," ujarnya.

Hal ini, kata Kasiyarno, merupakan peluang yang cukup bagus. Terlebih, kata dia, kesediaan sumber daya manusia terkait perbankan syariah ini masih sangat kurang. Karena itulah kata dia, UAD melihat momen tersebut untuk ikut memberikan andil ketersediaan SDM unggul di bidang perbankan syariah. Untuk tahap awal, prodi perbankan syariah di UAD ini akan dibuka 2 kelas dengan kapasitas masing-masing kelas 40 mahasiswa.

Untuk diketahui, Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi (technological sciences) maupun bidang sosial dan humaniora (social sciences).

UAD merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Selain itu, Universitas Ahmad Dahlan merupakan Universitas yang tujuan pendidikannya adalah penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Tinggi serta didasarkanpada Alquran dan Sunah. UAD bertekad untuk mendidik perserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik, profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang baik dan benar. (ari/dbs)


Back to Top