Makin Serius Gaet Konsumen Muslim, Kini Jepang Bidik Industri Logistik Halal

gomuslim.co.id- Negeri Sakura tak henti meluncurkan produk halal yang penuh kreasi dan inovasi. Setelah unggul dnegan produk makanan halal dan pariwisata halal, kini Jepang baru saja menjajaki industri logistik dan transportasi halal.

Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan Nippon Express. Toshiyuki Heichi, Assistant Group General Manager Global Logistics Solution Bussines Headquarters Nippon Express dalam rilis resmi laman Halal MUI mengatakan  Jepang kini mulai melihat pasar produk halal semakin meningkat. Tidak hanya untuk penduduk muslim di Jepang namun juga wisatawan muslim yang makin meningkat.

Apalagi, tambah Toshiyuki, Olimpiade tahun 2020 yang semakin dekat juga membuat beberapa produsen mulai mensertifikasi halal produk mereka. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi industri logistik dan transportasi. Di mana pasti membutuhkan sarana dan prasarana yang halal dan terjamin.

 Toshiyuki mengatakan bahwa oleh karena itu pihaknya sebagai salah satu perusahaan logistik dan transportasi di Jepang ingin sekali belajar dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan (LPPOM) MUI tentang bagaimana standar halal untuk logistik diterapkan.

“Kami merasa standar halal LPPOM MUI merupakan salah satu yang terbaik sehingga harus dipelajari. Kami ingin belajar dan menerapkan standar halal HAS 23000 di perusahaan kami,” ujarnya.

Saat ini, tambah Toshiyuki,  standar halal logistik tidak hanya diterapkan dalam layanan lokal area di kawasan Jepang saja. Ke depan, mungkin juga bisa diterapkan ke seluruh dunia melalui jaringan perusahaannya, terutama untuk eksport ke negara lain. Pihaknya menyadari bahwa produk halal semakin mendunia.

“Pastinya membutuhkan sarana logistik dan transportasi yang terjamin kehalalannya dan menjadi salah satu pertimbangan nilai tambah bisnis kami di layanan ini," ujar.

 Adapun, Nippon Express sendiri telah berdiri di Tokyo Jepang sejak tahun 1937. Perusahaan ini telah melayani servis logistik dan transportasi di seluruh Jepang. Nippon Express juga sudah memiliki jaringan global di tidak kurang dari 33 negara di seluruh dunia.

Sebelumnya, geliat pertumbuhan produk halal di Jepang negara memang sedang giat membangun infrastruktur untuk Olimpiade 2020. Kini Jepang mulai melihat wisatawan muslim yang hadir dalam rangka wisata dan olimpiade, sebagai sebuah peluang. Tidak hanya dalam pemenuhan produk makanan dan minuman, namun juga di sektor logistik dan transportasi.

Data terbaru dari Japan National Tourism Organisation menunjukkan bahwa pertumbuhan eksponensial dalam pengunjung dari banyak negara, dan negara muslim jadi salah satu mayoritasnya. Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, ada 249.800 wisatawan dari Malaysia yang naik sekitar 33,4 persen dari tahun lalu. Sedangkan Indonesia tumbuh sekitar 27,7 persen menjadi 184.900 diperiode yang sama.

Selain itu, saat ini, ada sekitar 100.000 warga muslim yang tinggal di Jepang. Sementara jumlah pengunjung muslim diperkirakan akan mencapai satu juta pada saat Tokyo menjadi tuan rumah saat Olimpiade 2020 mendatang. (fau/halalmui/dbs)

 


Back to Top