Siswa MAN 1 Yogyakarta Juarai Lomba Mading Ekonomi Syariah

gomuslim.co.id- Tim Jurnalis Siswa MAN Yogyakarta I atau Mansa Journalist (MAJOR) berhasil menjuarai Lomba Majalah Dinding (Mading) 3 Dimensi. MAJOR berhasil mengalahkan sejumlah peserta dari SMA, SMK, dan MA lainnya pada kompetisi yang digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (23/11) pekan lalu.

Event ini digelar sebagai bagian dari Syariah Expo #2 pada 22 sampai 23 November 2016. Selain kompetisi M 3D tingkat SMA se-DIY. Pameran yang mengkampayekan produk halal ini menggelar banyak kegiatan, antara lain Expo, Talk Show Ekonomi Kreatif dengan menghadirkan General Manager Bakpiapia Tano Nazoeaggi, dan Lomba Akustik.

Lomba Majalah Dinding 3D ini mengangkat tema Perekonomian Sayriah. Sebagai dewan juri, unsur civitas akdemika,yakni dosen UIN Yogya dan UGM, serta dari unsur mahasiswa.Dalam lomba ini, 70 persen mading sudah dikerjakan setiap peserta di sekolah masing-masing. Sisanya yang 30 persen di kerjakan di tempat lomba.

Aspek penilaian berdasarkan beberapa hal, yaitu: kesesuian isi dengan tema, variasi bentuk, efisiensi biaya yang dikeluarkan. Setiap peserta juga diwajibkan mempresentasikan karyannya di hadapan dewan juri.

Tim Jurnalis MAN Yogyakarta I berhasil meraih juara pertama, disusul SMA Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Negeri Yogyakarta 3 sebagai juara kedua dan ketiga.

"Bahan-bahan yang digunakan untuk mengikuti lomba ini, menggunakan barang-barang bekas, sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya," terang Pelatih Jurnalistik MAN Yogyakarta I Berta Merriana Saragih, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementrian Agama (1/12).

Menurut sosok yang akrab disapa Kak Etha ini, Tim Jurnalis MAN Yogyakarta I telah mengangkat tema tentang sejarah perkembangan lembaga perekonomian syariah di Indonesia. Konten mading itu mencakup sejarah terbentuknya bank syariah, kapan bank syariah pertama didirikan di Indonesia, serta apa saja perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional.

Materi yang ada dikemas sendiri dibagi dalam tiga rubrik, yaitu: artikel, opini, dan komik. Sebagai persiapan awal, anggota tim terlebih dahulu melakukan wawancara dengan sejumlah guru ekonomi dan fiqih di MAN Yogyakarta I. "Ke depan, jurnalistik MAN Yogyakarta 1 diharapkan dapat mengikuti lebih banyak lomba dan mencetak lebih banyak prestasi untuk madrasah,"pintanya.

Untuk diketahui, UIN Sunan Kalijaga sendiri merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Indonesia. Pada tanggal 26 September 1951, PTAIN ini diresmikan dengan memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Dakwah (kelak menjadi Fakultas Ushuludin), Qodlo (menjadi Fakultas Syari'ah), dan Pendidikan (menjadi Fakultas Tarbiyah).

Namun, Secara kelembagaan, perguruan tinggi ini telah melakukan transformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Hal ini diperkuat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama Nomor 01/0/SKB/2004 dan Nomor ND/B.V/I/Hk.001/058/04 Tanggal 23 Januari 2004, yang diperkuat lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2004 Tanggal 21 Juni 2004.

Transformasi tersebut mendorong UIN Sunan Kalijaga melakukan pembenahan dan pengembangan di berbagai bidang, termasuk bidang manajemen dan akademik. Kerja sama dengan berbagai pihak baik dengan pihak di luar negeri maupun di luar negeri juga sedang dibangun. (ari/dbs)

 


Back to Top