Wisata Halal Lombok

Qatar Airways Segera Buka Penerbangan Langsung Ke Lombok

gomuslim.co.id– Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang tak henti-hentinya dalam memukau mata dunia. Setelah menjadi salah satu tujuan wisata halal di ajang bergengsi Internasional World Halal Tourism Award (WHTA) 2016, provinsi NTB kembali menjadi sorotan dunia ketika para perwakilan dari negara-negara Arab mengunjungi provinsi ini untuk mengembangkan wisata di daerah ini.

Bukan hanya itu, yang paling terhangat adalah ketika ada maskapai penerbangan luar negeri yang hendak membuka rute penerbangan yang langsung mengarah ke Lombok, NTB.

Hal ini diutarakan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Muhammad Zainul Majdi, ia mengungkapkan bahwa terdapat ketertarikan Qatar Airways untuk membuka penerbangan langsung ke Lombok. Hal ini diungkapkan Duta Besar Qatar dalam pertemuan di Pendopo Gubernur NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, beberapa hari yang lalu.

Dengan demikian, ungkap Zainul Majdi sudah ada tiga maskapai asal Timur Tengah yakni Emirates, Ettihad, dan Qatar Airways. "Tinggal berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ujarnya di kantor Pemprov NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, Rabu (30/11).

Dubes Qatar, lebih lanjut Gubernur Zainul Majdi mengatakan, ingin mengetahui lebih terperinci mengenai potensi kunjungan wisatawan dan berapa banyak orang yang keluar negeri dari Lombok.

Selain itu, Ia juga meminta data lain seperti soal pelaksanaan umrah setiap tahun, dan juga tingkat ekspor NTB melalui jalur udara. "Jadi memang diperlukan data-data statistik kuantitatif yang diperlukan untuk menghitung. Mudah-mudahan nanti bisa terwujud," harapnya.

Sebelumnya, Duta besar Timur Tengah juga berkunjung ke NTB untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi NTB khususnya di sektor pariwisata, perdagangan, dan pertanian. Pada pertemuan  tersebut, Tuan Guru Bajang (TBG) Muhammad  Zainul menerangkan tentang potensi NTB terkait dengan kawasan ekonomi khusus Mandalika di Lombok Tengah serta sektor pertanian dan peternakan di Pulau Sumbawa.

Negara-negara Timur Tengah diketahui menjadi negara yang cukup royal dalam menginvestasikan dana mereka di luar negeri. Namun, untuk di Indonesia masih cukup minim. Maka dari itu, Gubernur NTB ini mengharapkan dengan kunjungan para dubes ini serta rencana pembukaan rute langsung ke Lombok dapat menstimulus para investor negara Arab yang lain untuk menanamkan modalnya di Provinsi NTB.

Untuk merealisasikan hal tersebut pula, Pemerintah Provinsi NTB juga tengah menggencarkan gerakan budaya bersih dan senyum. Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan, aspek kebersihan dan keramahan warga menjadi syarat utama dalam menyambut kehadiran wisatawan mancanegara.

"Budaya bersih dan senyum sangat penting dilakukan mengingat NTB sudah menjadi destinasi wisata bertaraf dunia," ujarnya saat membuka acara sosialisasi gerakan budaya bersih dan senyum (GBBS) di Pendopo Gubernur NTB.

Dia menuturkan, dalam pengembangan pariwisata tidak perlu mewah atau mahal, yang penting bersih dan rapi. Sedangkan, aspek senyum termasuk di dalam sapta pesona pariwisata.

"Jadi, bersih dan senyum adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dalam pengembangan wisata," kata dia.

Wagub menyampaikan NTB kini menjadi percontohan untuk pengembangan wisata halal. Bahkan, Komisi VIII DPR RI telah melakukan studi banding ke Provinsi NTB untuk mempelajari tentang wisata halal dan juga jaminan produk halal. (ari/dbs)


Back to Top