Begini Cara Fotografer Malang Syiarkan Hijab di Kegiatan Car Free Day

gomuslim.co.id- Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang atau setiap komunitas untuk mensyiarkan penggunaan hijab bagi kalangan anak muda khsusnya serta khalayak ramai pada umumnya. Salah satunya adalah dengan gelaran Hijab On The Street yang digelar disela kegiatan Car Free Day pada hari Minggu (4/12).  

Digagas oleh Aditya Firmansyah, acara ini berhasil dihadiri oleh puluhan fotografer yang bisa dengan bebas mengambil foto model berhijab di arena Car Free Day, Jalan Ijen Kota Malang.

Beberapa model yang siap berpose pada even ini di antaranya adalah Areen Oyex Ardam (Sidoarjo), Teh Sarah (Surabaya), Aprilia Sari (Malang), Alvina Hasyim (Pasuruan), Diany Nurrahma (Malang), Dwi Kurniawati (Surabaya) dan Adekk Dela (Malang). Para model ini dirias, sekaligus disediakan wardrobe-nya, oleh para makeup artist seperti Dyah Kusuma Susanti, Imasalon Singosari, Baidah Saputri dan Wahyu Syahputry.

Dilansir dari publikasi TIMES (4/12), menurut Aditya, even ini merupakan volume kelima dari seri Hijab on The Street yang khusus diselenggarakan di Kota Malang. "Even sebelumnya diadakan di Jalan Ijen juga, dan Alun-alun Kota Malang," ujarnya.

Ia mengaku ide penyelenggaraan acara ini yang terutama adalah syiar hijab. Itulah sebabnya mengapa acara ini sengaja digelar di tempat terbuka, bukan studio yang bisa di-setting, sehingga semua fotografer bisa ambil bagian.

"Bahwa dengan hijab pun bisa tampil cantik dan modis sehingga harapannya makin banyak perempuan, terutama kawula muda, yang mau tampil berhijab," tegasnya.

Hijab on The Street sendiri merupakan bagian dari even Gebyar Hijaber yang sering diadakan oleh Aditya dengan keliling kota di Jawa Timur seperti Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Malang.

"Dengan acara ini, semua bisa belajar, untuk fotografer bisa berlatih memotret, sementara untuk model bisa belajar berpose. Hasilnya nanti bisa diunggah lewat Instagram ataupun Facebook," pungkasnya.

Bukan hanya sebagai syiar hijab, Event Hijab on The Street yang digelar di Car Free Day ini pun menunjukkan jika Kota Malang memiliki talenta besar di bidang makeup artist, salah satunya Dyah Kusuma Susanti.

Merintis karir sebagai makeup artist di Jakarta sejak 2009 silam ini, perempuan yang akrab disapa Dyah ini tak mau terjun setengah-setengah. Hasilnya, ia pun mengantongi Sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Karenanya, selain makeup artist, ia mengantongi izin pula sebagai instruktur yang bisa mengajar, juga assessor yang bisa menguji makeup artist lain.

Demi mendapatkan hasil yang maksimal di even Hijab on The Street kali ini, ia pun mempersiapkan diri dengan matang. Bahkan ia mengaku sudah mempersiapkan wardrobe selama sepekan terakhir. "Bikin sendiri khusus untuk Hijab on the Street volume 5 ini, mas, biar hasilnya maksimal," ucapnya.

Mengaku puas dengan hasil yang diperoleh dari kerja kerasnya kali ini, Dyah pun siap berkeliling Jawa Timur kembali untuk even-even berikutnya. (ari/dbs/ilustrasi foto)

 


Back to Top