Kini Bandara Palembang Miliki Rute Khusus untuk Jemaah Haji dan Umrah

gomuslim.co.id- Peningkatan jumlah calon jemaah umrah dan haji di Indonesia membuat sebagian besar bandara di berbagai daerah berbenah dengan meningkatkan infrastruktur dan pelayanan untuk meningkatkan kemudahan dalam melakukan ibadah ke tanah suci.

Baru-baru ini, Garuda Indonesia membuka rute baru penerbangan Palembang-Jeddah dengan penerbangan perdana 14 Desember 2016. Penerbangan ini untuk melayani calon jemaah umrah dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang terbang langsung tanpa melalui bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. 

Rencana penerbangan tersebut mendapat respons positif dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Bahkan dia dijadwalkan akan melepas langsung penerbangan perdana tersebut dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia.

“Penerbangan langsung Palembang menuju Jeddah sudah menjadi keinginan masyarakat Sumatera Selatan sejak lama, khususnya untuk penerbangan umrah. Setelah penerbangan haji langsung Palembang – Jeddah kini penerbangan umrah,” kata Alex Noerdin, Minggu (4/12).

Alex mengatakan kalau pesawatnya adalah jenis Airbus 330. Penerbangan langsung dari Palembang menuju Jeddah, sudah menjadi keinginan masyarakat Sumsel sejak bertahun-tahun yang lalu.

“Setelah menjadi embarkasi, kini giliran umrah bisa dari Bandara SMB II langsung ke Jeddah. Kita berharap tidak hanya dari masyarakat Sumsel, tapi warga kota lain akan berangkat dari Palembang,” ungkap Alex di acara Umrah Langsung Terbang Perdana dari Bandara SMB II ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, di Griya Agung.

Menurut Alex, Palembang saat ini memiliki asrama haji terbaik di Indonesia. Mampu menampung ratusan, bahkan ribuan calon jemaah haji dan jemaah umrah. Selain itu, terdapat replika Kakbah. Ukuran sama dengan aslinya.

Alex mengharapkan, penerbangan umrah tersebut juga bisa dimanfaatkan calon jamaah umrah dari provinsi lain. Palembang juga memiliki museum sejarah Islam di Indonesia bahkan satu-satunya di Asia yakni di Asrama Haji Palembang.

“Dengan adanya fasilitas seperti ini, manasik lebih sempurna dan jemaah akan tenteram,” katanya.

Selain itu,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, HM Al-Farji Zabidi, mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana penerbangan langsung dari Palembang-Jeddah.

“Ini program yang sangat spektakuler,” ujar Zabidi.

Selain menghemat biaya, penerbangan langsung itu, juga mempersingkat perjalanan. Apalagi, saat ini waiting list untuk ibadah haji mencapai 30 tahun. “Direct flight ini, masyarakat bisa langsung terbang dari Palembang ke Jeddah,”  katanya

“Kepada konsorsium biro perjalanan haji dan umrah bisa menawarkan rute baru ini kepada jamaah dari Provinsi Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung. Terbang langsung dari Palembang – Jeddah tanpa harus transit ke Jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, penerbangan umrah dari Palembang – Jeddah memiliki nilai lebih dibandingkan terbang via Jakarta. “Konsorsium bisa menawarkan penerbangan dari Palembang, calon jamaaah umrah bisa menjalankan manasik terlebih dahulu dengan memanfaatkan fasilitas replika Kabah dan lintasan sai dengan ukuran yang sama seperti di Masjidil Haram.

Selain manasik calon jamaah umrah sebelum terbang juga bisa dilatih menggunakan fasilitas di pesawat udara seperti penggunaan lavatory atau toilet.

“Di kompleks asrama haji Sumatera Selatan memiliki mock up pesawat jenis Airbus 300. Ini merupakan asrama haji terlengkap dan terbaik fasilitasnya di Indonesia,” kata Alex Noerdin.

Pada kesempatan berbeda, General Manager Garuda Perwakilan Palembang, Asa Perkasa menyampaikan bahwa pihaknya akan membuka rute penerbangan khusus angkutan umrah dari Palembang langsung ke Jeddah.

“Penerbangan perdana umrah dari Palembang melalui bandara SMB II akan dilaksanakan pada 14 Desember 2016,” ujarnya. (nat/dbs)


Back to Top