Bantu Program Bank Makanan di Masjid, Fans Klub Sepakbola Inggris Ini Akui Cinta Islam

gomuslim.co.id- Masjid mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk kalangan Muslim, tetapi juga semua non Muslim di sekitarnya. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid juga berperan dalam aksi dan aktivitas sosial. Seperti yang dilakukan di di Masjid Quilliam Abdullah di Brougham Terrace, West Derby Road, Kensington.

Baru-baru ini, Masjid yang terletak di kota Liverpool, Inggris itu mengumpulkan bantuan makanan untuk bank makanan di Masjid. Melalui program ini, Masjid tersebut bekerjasama dengan fans klub sepakbola setempat dalam penggalangannya. Demikian sebagaimana dilansir dari publikasi worldbulletin, Senin (5/12).

Pendiri dan pengurus masjid, Abdullah Quilliam mengatakan kegiatan masjid selain untuk sarana ibadah yang paling penting adalah dimulai dengan amal. Ia menambahkan, sejak Masjid ini berdiri, program untuk membantu memberi makan bagi fakir miskin di sekitar masjid telah dilakukan. Pengurus masjid mengaku senang dengan keberadaan mereka yang pertama di Liverpool.

“Program ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak pertama kali Masjid ini berdiri. Kami hanya melanjutkan dan mempertahankan budaya yang baik untuk beramal dan berbagi dengan sesama,” katanya.

Sementara itu, salah seorang fans klub sepakbola di Liverpool mengungkapkan, pihaknya turut membantu kegiatan ini karena cinta pada Islam. “Karena dia (Abdullah Quilliam) mencintai warga di lingkungan tersebut, sehingga kami ingin bergabung dengan program bank makanan. Karena dasar Islam adalah mencintai dan bersikap baik dengan tetangga dan orang-orang yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Quilliam juga selalu membuka masjid dan mengundang semua orang untuk membantu anak-anak dan orang miskin setiap hari termasuk saat natal. “Mereka juga selau membuka diri dan mengajak orang lain untuk bersama-sama melakukan aksi yang baik ini,” ucapnya.

Pada kesempatan sama, ketua Abdullah Quilliam Society, Galib Khan mengatakan program bank makanan merupakan warisan Abdullah Quilliam yang berlangsung hingga saat ini. “Kali ini kami memiliki kesempatan bekerja sama dengan fans klub sepak bola untuk membantu masyarakat banyak. Jamaah merasa bangga karena telah menjadi bagian untuk terlibat secara langsung,” paparnya.

Sebelumnya, fans klub lain Everton Supporters Trust dan Spirit of Shankly juga telah melakukan hal yang sama dalam membantu mengumpulkan bantuan untuk bank makanan. “Sangat bersyukur jika semakin banyak orang tergerak untuk berbagi dengan sesame,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Liverpool merupakan salah satu kota yang memainkan peran penting dalam per kembangan Islam di Kerajaan Inggris. William Henry Quilliam sendiri merupakan tokoh Muslim Liverpool yang mendirikan masjid dan Islamic Center di kota ini. Dilahirkan di Liverpool, 10 April 1856, Quilliam adalah mualaf.

Segera setelah menjadi Muslim, Quilliam mengepakkan sayap dakwahnya di Liverpool. Ia memimpin komunitas kecil Muslim di Liverpool. Pada 1889, komunitas itu menyewa sebuah rumah yang terletak di Jalan Brougham Terrace Nomor 8 untuk dijadikan mushala. Dari jendela mushala itulah, Quilliam dengan lantang mengumandangkan azan.

Tak lama kemudian, komunitas itu mampu membeli rumah yang disewanya sekaligus membeli rumah di sebelahnya. Rumah itu lalu disulap menjadi Institut Muslim Liverpool. Lembaga yang diresmikan tepat pada perayaan Natal ini menjadi masjid pertama yang berdiri di Inggris. Saat itu, masjid tersebut bisa menampung ratusan jamaah.

Berkat jasanya, syiar Islam bisa merambah ke kota yang terletak di bagian barat laut Inggris. Dan, masyarakat Muslim di sana bisa menjalankan ibadah dan berbagai kegiatan lainnya secara bersama di sebuah bangunan yang memadai. (njs/dbs)


Back to Top