NTB Targetkan Dapat Kunjungan 30% Wisatawan Muslim pada 2017

gomuslim.co.id– Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan sebuah Propinsi di timur Indonesia. Letaknya berada di tengah-tengah antara Propinsi Bali dan tetangganya yaitu Propinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Provinsi NTB memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh par wisatawan. Selain itu, dengan besarnya potensi pasar produk halal dunia,  NTB juga menjadi salah satu tujuan dari wisata halal bagi wisatawan muslim di Indonesia maupun dunia. Bahkan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB Lalu Mohammad Faozal mengakui, jika branding wisata halal telah menjadi pembeda NTB dengan konsep wisata daerah-daerah lain di Indonesia.

"Kita akan dorong promosi lebih masif. Kita berupaya benahi paket tur yakni kesesuaian branding halal dengan paket halal," katanya.

Ia juga menargetkan pasar destinasi wisata halal mampu menyerap 30 persen dari total kunjungan wisatawan ke NTB pada tahun depan. Faozal meyakini hal ini dapat terwujud melihat potensi dan promosi yang terus dilakukan Pemprov NTB. Ditargetkan pada 2017, angka kunjungan wisatawan di NTB bisa mencapai 4 juta orang.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya bersama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau ASITA tengah menggodok konsep paket wisata halal agar sesuai dengan branding NTB saat ini. Faozal berujar, jika konsep halal tourism sudah menjadi pembeda antara NTB dengan destinasi wisata lainnya.

Untuk itu diperlukan konsep yang lebih matang terkait dengan penyelenggaraannya terutama dari sisi pengembangan paket wisata yang menunjang konsep tersebut. Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa wisatawan asal Malaysia dan negara-negara di timur tengah merupakan penyumbang terbesar dalam jumlah wisatawan halal yang mengunjungi NTB.

Dia berharap, hal ini terus meningkat. "Malaysia dan Timur Tengah pasar menarik untuk kita, apalagi kalau ada tambahan flight," ungkapnya.

Selain wisata halal, NTB juga akan menghadirkan delapan event sport tourism untuk tahun depan yang disinergikan dengan kalender agenda wisata NTB. Ia menilai, NTB memiliki peluang besar dalam memajukan wisata berbasis olahraga mengingat potensi alam yang sangat indah untuk disandingkan dengan olahraga.

"Kita dorong Lombok jadi 'gowes island' untuk pesepeda yang inginkan suasana tentu kita punya peluang itu," ucapnya. 

Selain itu, Lombok juga akan menjadi tuan rumah dalam sejumlah acara wisata berbasis olahraga seperti ajang surfing internasional, paralayang internasional, dan balap sepeda internasional. (ari/dbs)


Back to Top