Batu International Islamic Tourism 2016

Sukses Digelar, Event 'Islamic Tourism' 2016 di Kota Malang Dapat Apresiasi dari Banyak Pihak

gomuslim.co.id– Event Batu International Islamic Tourism (BIIT) 2016 pada tanggal 2 sampai 4 Desember ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batu bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdatul Ulama mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari berbagai pihak.

Kementerian Luar Negeri RI yang juga ikut mengapresiasi penyelenggaraan BIIT 2016 yang diselenggarakan Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (LESBUMI) NU ini.

Hal tersebut cukup beralasan, pasalnya sejumlah Diplomat dan Duta Besar negara sahabat merasa puas sehingga akan memberikan masukan ke negaranya untuk mengkaji pembukaan kerjasama dengan Pemerintah Kota Batu.

Apresiasi ini sendiri diutarakan langsung oleh Kasubdit Isu Aktuan dan Strategis Kemenlu RI, Agus Hariyana. Ia mengatakan, secara keseluruhan para Diplomat dan Dubes yang hadir dalam BIIT sangat terkesan dengan Kota Wisata Batu. Sebuah Kota Kecil di Indonesia namun memiliki potensi yang luar biasa.

“Para Diplomat dan Dubes yang hadir menyampaikan kepada kami akan melaporkan ke negara masing-masing untuk menjajaki kerja sama lebih erat dengan Kota Wisata Batu,” kata Agus Hariyana disela tour Diplomatik BIIT 2016 di Kota Wisata Batu, pada akhir pekan kemarin.

Di samping itu, menurut Agus, kesan yang banyak disampaikan para Diplomatik dan Dubes negara sahabat yang hadir di BIIT 2016 Kota Batu yakni keramahan-tamahan masyarakat Kota Wisata Batu.

Demikian juga dengan para pejabat Kota Batu yang dipimpin Wali Kota Batu sendiri yang selalu mendampingi para Diplomatik dan Dubes Negara sahabat ketika mengunjungi berbagai obyek wisata yang ada di Kota Batu sebagai wujud perhatian tinggi dan penghormatan kepada para tamu.

“Makanya, mereka sangat senang dengan Kota Wisata Batu yang memiliki kelebihan udara sejuk dan nyaman. Yang jelas, semua Diplomat dan Dubes yang hadir merasa tidak ada kekurangan di Kota Wisata Batu,” ucap Agus Hariyana.

Karena itu, tambah Agus Hariyana, Kemenlu RI juga menyampaikan Terima Kasih kepada Pemkot Batu dan LESBUMI NU yang bisa memberikan sesuatu yang positif di mata 11 Diplomat dan 3 Dubes negara sahabat yakni Dubes Korea Utara, Dubes Ukraina, dan Dubes Bosnia yang hadir langsung dalam BIIT 2016 di Kota Batu.

“Semoga nantinya ada tindak lanjut kerja sama antara Pemkot Batu dengan negara-negara di Dunia,” tandas Agus Hariyana.

Untuk diketahui, Negara-negara yang hadir pada event BIIT 2016 ini di antaranya adalah Iran, Jepang, Malaysia, Turki, China, Singapura, Spanyol, Swiss, Thailand, Chekoslovakia, Vietnam, Abudabi, China, Ukraina, Bosnia, Bahrain, Czech, Suriname, Venezuela, Fiji, Swiss, Vietnam, Pakistan, dan Korea Utara.

Bukan hanya Kemelu, rasa apresiasi juga diutarakan oleh Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo. Ia berujar bahwa DPRD mengapresiasi positif kehadiran para Diplomat dan Dubes di Kota Wisata Batu. Hal ini didiasari karena mereka bisa melihat dan menikmati langsung apa saja yang ada di Kota Wisata Batu yang juga disebut-sebut sebagai Swiss kecil.

“Kami berharap nantinya para Diplomat dan Dubes bisa membantu mengenalkan Kota Wisata Batu kepada para wisatawan di negaranya masing-masing,” tutur Cahyo Edi Purnomo. (ari/dbs)

Baca juga:

Pariwisata Halal Kota Malang Akan Kedatangan Turis dari 24 Negara


Back to Top