Perkuat Branding Wisata Halal, NTB Gelar 'Lombok Marathon 2016'

gomuslim.co.id- Posisi Lombok sebagai destinasi wisata halal semakin tinggi menyusul terpilihnya Lombok dalam World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi. Pada ajang ini Pulau Lombok berhasil meraih peringkat pertama di dua kategori yakni World Best Halal Honeymoon Destination atau Wisata Bulan Madu Halal terbaik di dunia, dan World Best Halal Tourism Destination atau Tujuan Wisata Halal Terbaik di dunia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Mohammad Faozal mengakui jika branding wisata halal telah menjadi pembeda NTB dengan konsep wisata daerah-daerah lain di Indonesia. 

"Kita akan dorong promosi lebih masif. Kita berupaya benahi paket tur yakni kesesuaian branding halal dengan paket halal," katanya. 

Ia menargetkan, pasar wisata halal mampu menyerap 30 persen dari total kunjungan wisatawan ke NTB pada tahun depan. Faozal meyakini hal ini dapat terwujud melihat potensi dan promosi yang terus dilakukan Pemprov NTB. 

Faozal menambahkan, pasar Malaysia dan negara-negara di timur tengah merupakan penyumbang terbesar dalam wisata halal NTB. Dia berharap, hal ini terus meningkat. "Malaysia dan Timur Tengah pasar menarik untuk kita, apalagi kalau ada tambahan flight," ungkapnya. 

Selain wisata halal, NTB juga akan menghadirkan delapan event sport tourism untuk tahun depan yang disinergikan dengan kalender agenda wisata NTB. Ia menilai, NTB memiliki peluang besar dalam memajukan wisata berbasis olahraga mengingat potensi alam yang sangat indah untuk disandingkan dengan olahraga. 

"Kita dorong Lombok jadi 'gowes island' untuk pesepeda yang inginkan suasana tentu kita punya peluang itu," katanya.

Faozal menambahkan, Lombok juga akan menjadi tuan rumah dalam sejumlah acara wisata berbasis olahraga seperti ajang surfing internasional, paralayang internasional, dan balap sepeda internasional. 

Pada Minggu (4/12), Lombok Marathon 2016 digelar oleh www.DuniaLari.comcara ini diselenggarakan sebagai bagian dari Hari Ulang Tahun NTB ke-58.

Total peserta Lombok Maraton 2016 sebanyak 3.000 orang dari 18 negara. Rute yang akan ditempuh pelari mulai dari Senggigi Square hingga ke Jalan Pejanggik menuju Kantor Gubernur NTB. Sebanyak 1.051 personel kepolisian dikerahkan untuk mendukung dan mengamankan Lombok Marathon 2016 yang bersiaga pada tiap 7,8 km rute yang dilalui peserta.

"Jumlah peserta untul full marathon sebanyak peserta 200 orang, half maraton 400 orang, 10 km sekitar 1000 orang dan sisanya merupakan peserta 5 km," ungkap Frank Malonda selau  Founder DuniaLari.com.

Beberapa kategori pada Lombok Marathon 2016, yaitu Marathon (start di Senggigi Square, dimulai pukul 04.30-12.00 WITA), Half Marathon (start di Senggigi Square, dimulai pukul 04.45-08.15 WITA), 10K dan 5K (start di area Bandara Selaparang, dimulai pukul 06.45-08.30 WITA), serta Ekiden atau estafet. Pada nomor estafet ini peserta mendaftar sebagai tim, terdiri dari empat orang. (nat/dbs)


Back to Top