Begini Cara Dakwah Relawan Muslim AS di Penampungan Tunawisma Dallas

gomuslim.co.id- Berdakwah tidak harus dengan ceramah. Ada banyak cara lain untuk menyebarkan ajaran Islam yang damai dan penuh cinta. Seperti yang dilakukan oleh relawan muslim AS ini. Mereka berdakwah tidak di atas mimbar, tetapi dengan gencar melakukan aksi sosial. Baru-baru ini, relawan muslim yang tergabung dalam sebuah komunitas memberikan bantuan kepada tunawisma di tempat penampungan di Dallas.

Sebagaimana dilansir dari laman dallasnews, kedatangan mereka disambut gembira oleh para tunawisma. Salah seorang relawan bernama Urooj Waheed mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada sesama manusia yang membutuhkan. “Kami Muslim, tapi kami peduli pada semua orang. Kami di sini untuk membantu kalian supaya kalian tidak merasa sendirian,” ujar di Penampungan Austin Street belum lama ini.

Sementara itu, koordinator acara, Sobia Ali mengatakan kegiatan relawan muslim dalam membantu tunawisma dimulai 9 tahun lalu. Saat itu, sekitar 15 relawan membagikan 200 makan siang untuk tunawisma. Menurut Ali, sebagai seorang muslim sudah menjadi tanggung jawabnya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan tanpa peduli agama atau suku mereka.

“Aksi relawan ini sebagai bentuk aplikasi dari kewajiban sebagai seorang Muslim. Kita harus saling membantu dan menolong mereka yang membutuhkan. Tanpa perlu melihat dia siapa, dari mana, agama apa. Tetapi nilai kemanusiaan yang dikedepankan,” katanya.

Menurutnya, tahun ini, relawan muslim bekerja sama dengan sebuah organisasi nirlaba yang dirancang untuk membantu pengungsi lokal yakni Ma’ruf. Mereka memberikan bantuan di empat lokasi yang berbeda seperti di Allen, Valley Ranch, Colleyville dan Fort Worth. Kerjasama ini dilakukan untuk memperluas jangkauan relawan dalam memberikan bantuan. Sekitar 200 relawan mengumpulkan dana hingga terkumpul 10 ribu dolar AS.

Menariknya, ada relawan dari anak-anak juga ikut antusias dalam kegiatan ini. Mereka merasa bersyukur karena dapat membantu orang yang membutuhkan dan memperoleh pelajaran dalam aksi sosial ini.

Salah seorang tunawisma Rodney Jackson, yang ikut mengantri untuk memperoleh bantuan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Ia merasa masih ada orang-orang yang peduli dengan ia dan tunawisma lainnya. Awalnya ia sempat sulit menerima bantuan dari relawan muslim karena berpikir akan ada maksud lain dari bantuan tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu ia sadar bahwa kehadiran relawan muslim di penampungan murni untuk memberikan bantuan.

“Awalnya saya berpikir negatif terhadap mereka. Saya mengira mereka melakukan ini dengan maksud lain dan ada maunya. Tapi saya melihat ketulusan mereka dalam membantu kami yang ada disini. Kami senang dengan kehadiran mereka yang peduli dengan kami,” ucapnya.

Untuk diketahui, Waheed dan istrinya, Sobia Waheed, tergabung dengan ratusan relawan lainnya yang terdiri dari berbagai usia dan profesi. Para relawan ini membagikan air mineral, kaus kaki, deodoran, pasta gigi, sikat gigi, kain lap dan selimut kepada tunawisma. Bantuan tersebut  dikemas dalam satu kotak. (njs/dbs)


Back to Top