Wisatawan Muslim Tak Perlu Khawatir ke Vietnam, Ini Serba-Serbi Restoran Halal di Hanoi

gomuslim.co.id- Halal merupakan kebutuhan setiap muslim. Namun, hal ini bisa jadi kendala saat menjalani liburan ke beberapa negara yang populasi muslimnya masih minoritas. Salah satunya di Hanoi.

Pada Ibukota negara Vietnam ini telah ada jajanan halal asalkan tahu tempat dan lokasinya. Misalnya saja pho dengan bahan halal. Bahkan, kuliner khas Nusantara pun bisa ditemukan disini seperti soto ayam dan rendang.

Restoran halal memang menjadi tujuan wisatawan Muslim. Meski tidak banyak, berikut rekomendasi dari kedutaan besar RI di Hanoi tentang restoran halal. Adalah restoran Batavia Restauran & Cafe sebagai restoran Indonesia halal yang patut dicoba. Restoran ini terletak West Lake. Dia chi: 25 Xuan Dieu Str, Tay Ho, Hanoi. Tepat berada di salah satu sisi danau terbesar di Hanoi, West Lake.

Resto berupa bangunan tiga lantai. Dengan pemandangan danau yang indah dan sebagian sisi kota Hanoi. Harga makanan di restoran ini realtif terjangkau. Nasi Rendang sekitar 175.000 dong (Rp. 120.000), Soto Ayam harganya120.000 dong (Rp.70.480) dan Nasi goreng kompletdengan sate 140.000 dong (Rp. 82.222) serta Ayam lengkuas 135.000 dong (Rp. 79.290) per porsinya.

Untuk paket hemat, Batavia Restauran dan Cafe juga menyediakan paket untuk 4 atau 6 orang, terdiri dari pembuka, makanan utama hingga penutup. Tarifnya per orangnya mulai dari 190.000 dong (Rp.11.500) hingga 210.000 dong (Rp.123.300). Set menu ini digemari pelanggan restoran. Es campur dan cendol juga juga disediakan lengkap dengan harga 50000 dong (Rp.29.366) per porsi.

“Makanan khas Indonesia yang tersaji juga ada seperti Rendang, Soto Ayam, Mie Goreng, Lumpia, Nasi Goreng, termasuk pisang goreng. Meski tempatnya tak terlalu besar, tempat makan ini cukup enak dan nyaman dengan kondisi bangunan yang baru dan bersih. Disetiap sudut dinding pun terpampang foto-foto budaya Indonesia,” ujar salah seorang pengunjung asal Indonesia.

Sementara dilantai dua terdapat dua buah ruangan kecil berukuran 3-5 meter yang dipersiapkan untuk rombongandengan pemandangan ke arah danau. Sedangkan lantai 3 berupa rooftop yang dilengkapi dengan minibar untuk hangout. Tempatnya nyaman dengan pemandangan senja yang cantik. Karena terletak persis di sisi barat matahari tenggelam.

Ada satu lagi resto yang menyediakan masakan Indonesia di kawasan tersebut, 'Juni's Kitchen'. Lokasinya juga di kawasan Tay Ho, Hanoi tak jauh dari lokasi West Lake. Kawasan ini banyak dihuni expatriat Hanoi.

Ada lagi restoran halal di Hanoi dengan nama Little-India. Lokasinya berada di 32 Hang Tre, Hoan Kiem, Hanoi. Di depan restoran terpampang tulisan halal. Menu yang disajikan sebagian besar makanan India atau Malaysia. Seperti nasi lemak, atau nasi kari ayam, dengan minuman khas teh tarik.

Pemilik restoran, Ismail mengatakan sesuai nama restorannya, menu yang disajikan berasal dari India. Namun ditambah variasi sajian dari Malaysia dan China tapi tetap aman dikonsumsi bagi kaum muslim.”Nasi Briani menjadi menu favorit di restoran ini,” katanya.

Ismai bercerita minimnya restoran halal di Hanoi justru menimbulkan peluang bisnis.”Saya menjamin setiap makanan di sini halal dan dimasak sesuai syariat Islam. Saya sengaja membangun restoran halal di Hanoi karena saya melihat tidak ada di sini,” ujar pria keturunan India itu.

Sedangkan restoran Zaynab terletak tak jauh dari Al-Noor mosque, 12 Hang Luoc Street, Hoan Kiem Dist, Hanoi. Restoran ini menyajikan menu Asia populer. Letak restorannya agak tersembunyi. Masuknya dari sisi pintu di sebelah mesjid, tepat di sebelah kiri. Kalau mau menyantap pho yang halal, di sini tempatnya.

Sementara itu, di kesempatan berbeda belum lama ini Hotel Daewoo menyiapkan makanan halal untuk para pemain tim nasional Indonesia. Sebagaimana diketahui, skuad Indonesia telah tiba di Hanoi, Vietnam, untuk menjalani pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Di Hanoi, skuad Indonesia menginap di Hotel Daewoo yang terletak di kawasan Ba Dinh.

Seperti dikutip SuperBall.id dari Thanh Nien, makanan halal itu disiapkan oleh unit koki khusus untuk membuat para pemain senyaman mungkin. “Kami semua tahu mayoritas orang Indonesia itu muslim, untuk itu kami sediakan makanan halal untuk mereka sebelum pertandingan dimulai,” ujar salah satu pengelola hotel. (njs/dbs)


Back to Top