Indonesia Juara Umum WHTA 2016

Penghargaan 'World Halal Tourism Award 2016' Jadi Kado Terindah untuk Serambi Mekkah

gomuslim.co.id- Ajang penghargaan bagi sektor pariwisata dunia yakni World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 telah diumumkan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (07/12) kemarin. Pengumuman ini membuat Indonesia meraih prestasi gemilang dengan memboyong 12 penghargaan dari 16 kategori.

Dari 12 penghargaan yang diraih Indonesia, Negeri Serambi Mekkah yang baru saja diguncang gempa dahsyat 6,5 Skala Righter (SR), ikut menyumbangkan raihan istimewa pada dua kategori yakni, World's Best Airport for Halal Travellers (Sultan Iskandar Muda Internasional Airport) dan World's Best Halal Cultural Destination (Aceh). Kemenangan ini tentunya menjadi sebuah obat pelipur lara bagi masyarakat Aceh pada umumnya dan warga Pidie yang menjadi lokasi gempa khususnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Aceh, Reza Pahlevi, mengatakan pencapaian tersebut diharapkan bisa menjadi kado istimewa sekaligus jadi pelipur lara bagi masyarakat Aceh, yang tengah berduka akibat musibah gempa.

"Alhamdulillah, Aceh mendapatkan dua penghargaan di World Halal Tourism Awards 2016. Hal ini menjadi kado manis buat Aceh yang baru saja berduka akibat gempa kemarin. Semoga kado ini bisa menjadisedikit pelipur lara masyarakat di Aceh," ungkap Reza, kepada awak media, pada hari Kamis (8/12).

Dengan penghargaan tersebut, ungkap Reza, membuat Aceh kini bisa setara dengan destinasi wisata di negara lain yang sudah lebih dahulu terkenal dalam industri pariwisata halal.

"Lewat penghargaan ini, Aceh kini bisa diakui dunia sebagai daerah yang menjaga nilai-nilai budaya Islam dan setara dengan negara-negara lain. Ini juga jadi keberhasilan pariwisata Indonesia yang membuktikan kita kompak dan Aceh jadi bagian dari Indonesia," timpalnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengatakan dirinya merasa bangga bahwa Aceh bisa menang di dua kategori. Dengan penghargaan tersebut, Arief berharap Aceh bisa cepat berbenah dan jadi tujuan destinasi bagi para wisatawan dunia.


"Ini akan jadi pelipur lara bagi warga di Aceh. Semoga mereka bisa tabah dan cepat recovery dari bencana tersebut. Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada semua stakeholder pariwisata baik yang ada di Aceh aupun daerah lainnya, sehingga Indonesia bisa meraih 12 kategori di ajang World Halal Tourism 2016," tutup Arief Yahya.

Untuk diketahui, Provinsi Aceh baru saja diterpa Bencana Alam Gempa Bumi yang berpusat di 18 kilometer timur laut Pidie pada Rabu (07/12/2016). Bermagnitudo M 6,5, gempa kali ini telah menewaskan setidaknya 25 orang, 26 luka berat, dan merobohkan tempat ibadah dan ruko. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa kali ini terjadi dengan mekanisme sesar geser mendatar.

Pusat gempa tergolong dangkal, hanya 15 kilometer, sehingga goncangan terasa kuat di permukaan. Goncangan kuat itu yang mengakibatkan kerusakan berarti. Diharapkan, dengan adanya penghargaan ini Aceh segera berbenah dan penghargaan ini bisa menjadi modal berharga dalam menarik para wisatawan muslim untuk berkunjung dan menjadi pengggerak perekonomian. (ari/dbs)


Back to Top