Ikuti Jejak Lombok dan Aceh, Jawa Timur Mulai Berbenah Menuju Pariwisata Halal

gomuslim.co.id- Perkembangan pembangunan infrastruktur di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Malang membuat Kota Malang menjadi Kota Friendly sebagai Tujuan Wisata Halal Terbaik Di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan reputasi Jawa Timur menjadi salah satu destinasi halal di Indonesia.

Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata berusaha menarik pengusaha Timur Tengah berinvestasi di sektor pariwisata. Terutama untuk 10 tujuan wisata yang dikembangkan Kementerian dengan nilai investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 200 triliun. Investasi diharapkan bisa mendorong kemajuan sektor pariwisata.

"Ada 10 tujuan wisata yang ditargetkan setara dengan Bali," ujar Kepala bidang investasi Kementerian Pariwisata, Hengky Manurung, dalam seminar investasi dan perdagangan Timur Tengah-Indonesia di Malang.

Tempat pariwisata seperti Bromo Tengger Semeru, Danau Toba, dan Mandalika. Sejauh ini, sudah ada pengusaha asal Arab Saudi yang tertarik berinvestasi di Mandalika. Sepuluh tujuan wisata di Jawa Timur akan dikelola oleh otoritas khusus.

Hengky mengungkapkan selain dalam bentuk kerjasama investasi pengembangan pariwisata akan menyasar wisatawan asal Timur Tengah menyusul wisata halal yang diterapkan di seluruh Indonesia. Sehubungan dengan itu, pemerintah memberikan kemudahan dengan menerbitkan visa on arrival (VOA) atau visa kunjungan saat kedatangan bagi wisatawan dari Timur Tengah. Ditargetkan, tahun depan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 27 juta orang. 

Sepanjang sembilan bulan terakhir, investasi di sektor wisata mencapai US$ 1 miliar. Sekitar 54 persen di antaranya terpusat di Jakarta dan 22 persen di Bali. Selebihnya tersebar di sejumlah daerah lain.

Ada sebanyak 65 persen investasi di perhotelan, selain itu sektor pariwisata membuka 9,8 juta lapangan pekerjaan atau tumbuh 30 persen dalam kurun lima tahun terakhir. Industri ini menyumbang pendapatan domestik bruto 10 persen dan menyumbang 9,8 persen devisa.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal Pemerintah Provinsi Jawa Timur Lilik Saleh Wartadipraja menawarkan beragam pilihan investasi, meliputi wisata buatan dan wisata alam yang terbentang di seluruh wilayah Jawa Timur.

"Banyak potensi kerja sama, Jawa Timur juga banyak mengekspor aneka daging dan ikan olahan, kertas, dan cokelat ke sejumlah negara di Timur Tengah. Sedangkan Jawa Timur mengimpor pupuk, garam, dan buah-buahan,” ujar Lilik.

Kota Malang layak sebagai tujuan wisatawan untuk menikmati wisata halal. Di samping itu Kota Malang memiliki infrastruktur yang cukup seperti bandara, banyaknya tempat wisata indah dan mempesona seperti Pegunungan Bromo, Tengger, Semeru, Pantai Plengkung, Gua Gong, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Sendang Biru dan lain sebagainya serta mendapatkan julukan Kota Kuliner Terbaik  di Indonesia. Tak hanya itu sejumlah lokasi wiisata di kota Malang juga sudah ramah dengan tempat ibadah.

Di sejumlah hotel di Kota Malang telah memiliki fasilitas seperti penunjuk arah kiblat, perangkat alat shalat, Alquran maupun kitab suci agama lainnya. Pada kamar mandi telah pakai jet shower serta tempat wudhu. (nat/dbs)


Back to Top