Desa Mualaf di Papua Ini Belum Miliki Masjid, Mari Bantu dengan Berdonasi!

gomuslim.co.id- Pergerakan dakwah di tanah Papua terus dilakukan oleh banyak kalangan. Terbukti saat ini telah banyak mualaf (orang yang baru masuk Islam) di pulau timur Indonesia itu. Namun, giatnya dakwah disana belum diimbangi dengan sarana peribatadan Masjid yang memadai untuk masyarakat Muslim. Seperti yang ada di Desa Maiboh Kabupaten Sorong Papua Barat ini.

Warga Desa Maiboh, harus berjalan sejauh 3 kilometer untuk melaksanakan Shalat Jumat setiap minggunya. Sebab, di desa mualaf itu belum memiliki masjid sebagai tempat ibadah. Hal ini membuat kehadiran masjid di Desa Maiboh menjadi vital untuk kemudahan warga dalam beribadah dan keberlangsungan syiar Islam.

Ketua Alfatih Kaaffah Nusantara Kab. Sorong Ruslan Rasid mengatakan, jarak antara Desa Maiboh dengan pusat kota sekitar 30 kilometer dengan medan yang tidak sebaik di Jawa. “Tanpa Masjid ini, Warga Desa Maiboh harus berjalan sampai 3 KM keluar Desa atau kampong tetangga untuk Shalat Jumat. Mereka 100% Muslim dan sebagian besarnya muallaf,” ujarnya.

Ruslan menyebutkan bahwa desa Maiboh merupakan desa terisolir yang di kawasan itu. Karena banyaknya muallaf, otomatis permasalahan praktik ibadah masih sangat kurang. “Masih banyak di antara mereka belum paham tentang tatacara Bersuci, Shalat, serta Adab sesuai syariat Islam,” tambahnya.

Tidak hanya itu, mereka pun menjadi objek misi orientalis yang berniat menggoyahkan aqidah mereka. Alhamdulillah atas usaha dakwah ini kami masih mampu mempertahankannya. “Hal ini yang mendorong kami untuk melakukan pembinaan demi pembinaan untuk mereka. Namum dalam melakukannya, kami mendapati berbagai macam kendala yaitu adalah Sarana Ibadah yang saat ini digunakan tidaklah layak,” katanya.

Sebagai informasi, warga Desa Maiboh adalah sebuah perkampungan kecil dengan penduduk yang hanya berjumlah kurang lebih 400 jiwa. Mereka adalah 100% Muslim Asli tanah Papua yang sebagian besarnya adalah muallaf. Mereka hidup di kawasan cukup terpencil sehingga untuk akses ke mana-mana cukup sulit. Warga harus berjalan hingga berkilometer untuk sampai desa terdekat yang lebih besar dan mendapatkan banyak akses untuk fasilitas umum seperti tempat ibadah.

Penduduk yang tinggal di kawasan ini berasal dari dua suku kecil yang mulai mendalami Islam sebagai agama mereka. Suku yang ada di sini terdiri dari Suku Kokoda dan Suku Raja Ampat (Misol). Semua penduduk yang ada di sini bergotong royong dalam kehidupan terutama untuk masalah-masalah terkait dengan Islam.

Seluruh warga di sana bermata pencaharian sebagai pencari batu karang. Wajar saja karena jarak desa dengan pantai hanya 200 meter. Rata-rata mereka dapat mengumpulkan batu karang satu truk dalam seminggu. Satu truk batu karang dihargai enam ratus ribu rupiah.

Seperti kampung muslim pada umumnya, fasilitas ibadah dibangun di sini. Namun, karena lokasi ini hanya sementara, musholla pun dibangun dengan fasilitas seadanya. Jumlah al-quran pun terbatas. Meski demikian, semua warga Desa Maiboh sudah bisa membaca al-quran dengan lancar.

Tergerak, Ruslan Rasid dari Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara di bawah binaan Ustadz M Zaaf Fadhlan Rabbani Al Garamatan berinisiatif ingin membangun Masjid untuk warga Desa Maiboh yang akan diberi nama Masjid Al-Jabal.

“Masjid ini nantinya akan digunakan sebagai central dakwah ummat Islam, pemberdayaan ekonomi berbasis masjid dan tempat belajar mengaji. Selain itu agar para Muballigh/ah yang datang ke Papua dapat kami arahkan ke Desa Maiboh guna memberikan Bimbingan. Semoga niat baik ini dapat terencana dengan Izin-Nya,” paparnya

Adapun lokasi Masjid yang akan dibangun letaknya pas di rumah hunian Masyarakat Muslim Asli Papua dari Suku Kokoda ada juga dari Suku Raja Ampat. (njs/dbs)

Mari bantu pembangunan Masjid di Sorong Papua dengan berdonasi melalui link https://ktbs.in/masjidpapua 

CARA BERDONASI:

1. Klik link di bawah

2. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

3. Masukan nominal donasi

4. Pilih metode pembayaran (transfer bank atau kartu kredit)

Ruslan Rasid

Ketua Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara Kabupaten Sorong, Papua Barat.

No. Hp. 082399260445


Back to Top