Red Bus di Kota London Tebar Dakwah Perdamaian Islam

gomuslim.co.id- Di Inggris dan Scotlandia peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap 12 Rabiul Awal Hijriyah, dilakukan dengan menyampaikan pesan damai di ‘Red Bus’ ini merupakan bus bertingkat yang terkenal dan menjadi icon di kota London.

"Rasanya bangga dan senang melihat nama Nabi Muhammad terpampang di atas bus tingkat dan ada yang berani mempromosikan Islam yang selalu identik dengan negatif," ujar Nizma Agustjik, dari Lembaga Sosial Cheriots for Children, seorang pemerhati dan juga pegiat masalah sosial yang menetap di London, Senin (12/12).

British Muslim tengah mengkampanyekan Maulid Nabi Rasulullah dan menyampaikan pesan universalnya yang sangat terkenal, yakni "Tebarkan Perdamaian dan Berilah Makan Orang-orang".

"Hal itu merupakan salah satu hadist Nabi Muhammad SAW yang merupakan pesan sangat essensial dan utama dari ajaran Islam,” tambah Nizma.

Penyelenggara ini bermaksud, lanjutnya, dalam melaksanakan syiar Islam dengan memperkenalkan ketokohan Nabi Muhammad SAW yang peringatan hari lahirnya (maulid) kebetulan di bulan Desember saat masyarakat Inggris merayakan Natal. Dipilihkan pesan itu agar bisa "singgah" di hati dan benak ke seluruh bagi siapapun yang membacanya di United Kingdom selama Desember yang bertepatan dengan perayaan Natal di Inggris.

Kampanye ini akan membawa pesan yang sama, yakni kemanusaiaan. Tahun ini dilakukan mulai 5 Desember selama empat pekan dan menyebar ke kota-kota besar seperti Birmingham, Manchester, Sheffiled, Coventry, Nottingham, Luton hingga Glasgow (Scotlandia).

Nizma menuturkan kampanye dalam bentuk spanduk/banner besar (di cat) dilekatkan di bus-bus yang berjumlah 128 lebih dan beredar di kota besar di UK dan tentu saja yang utama adalah di London.

"Memperkenalkan Islam sebagai agama penuh kedamaian, cinta dan harapan telah dilakukan sejak lima tahun lalu oleh sebuah organisasi Islam," katanya.

Aksi lainnya mereka juga memberikan sekuntum mawar dan para relawan tidak lupa datang ke-10 Downing Street, yang dikenal sebagai kediaman dan tempat tinggal PM Inggris dan menemui Theresa May untuk menyerahkan sekuntum mawar kepada PM Theresa May. Pergerakan yang dilakukan oleh organisasi juga membuka diri dan mendekatkan diri kepada publik untuk berkomunikasi atau menjawab pertanyaan tentang Islam sekaligus memperkenalkan Islam dan menunjukan bahwa Islam dan muslim bukanlah sebuah ancaman.

Tidak hanya itu beberapa kota mereka juga memberikan makan gratis bagi para tuna wisma yang terlantar. "Demikian, begitu indahnya syiar dan dakwah Islam yang dilakukan di Inggris," ungkap Nizma bersemangat .

Menurut data Badan Statistik Nasional negeri itu, saat ini ada 3.114.992 Muslim di Inggris. Lebih dari 1,5 juta di antaranya lahir di luar negeri. Jumlah Muslim saat ini mencakup 5,4 persen dari populasi Inggris dan Wales. Oleh karena itu, Islam merupakan agama terbesar kedua di negeri tersebut.

Saat ini di beberapa bagian di London, hampir setengah populasinya adalah warga Muslim. Jika tren ini terus berlanjut, wilayah itu akan menjadi mayoritas Muslim di masa depan. (nat/dbs)


Back to Top